Elder’s Advice

SMARTER Way!

Waktu datang dan pergi begitu cepat sehingga dengan kecepatannya ia telah mengantarkan kita kepada penghujung tahun dan menginjak awal tahun yang baru. Kecepatan waktu membuat banyak kita seperti tidak sempat untuk melakukan banyak hal. Kita hanya memandang debu-debu yang beterbangan akibat ngebutnya sang waktu. Bahkan kita serentak berkata bahwa 24 jam sehari tidak cukup bagi kita. Wait a minute!! Mari kita cek dulu dengan diri kita:

Benarkah bahwa waktu yang berlari terlalu kencang sehingga kita tidak sempat menghasilkan sesuatu? Atau sebenarnya karena kita tidak menggunakan waktu dengan bijaksana akibat tidak adanya perencanaan yang kita buat?

Bingo!! Jawaban yang benar adalah yang kedua.

Banyak kita tidak meraih sesuatu yang maksimal dan tidak mencapai impian kita karena tidak ada perencanaan di dalamnya. Kita kehilangan banyak kesempatan dan keberhasilan karena hal tersebut.

Sebagian kecil orang mampu mencapai apa yang menjadi target hidup mereka karena mereka telah men-set goal mereka dengan cermat. Ini adalah hal yang sangat penting karena perencanaan yang baik akan menjadi penuntun dan lampu penerang bagi journey kita menuju goal tersebut.

Penuntun praktis yang telah menolong banyak orang dikenal dengan nama SMART (lihat “Our Focus”, Red). Namun sebagai orang percaya kita tidak akan berhenti pada SMART saja, melainkan memilih SMARTER. Ada tambahan huruf E dan R di dalam perencanaan kita yaitu :

Expetancy Management : yaitu kita tetap punya suatu ekspetansi apabila ada hal-hal mendadak yang terjadi. Kita punya back-up plan untuk menggantinya.

Revelation : Pewahyuan yang berasal dari Tuhan menjadi hal yang sangat penting dalam menyusun suatu perencanaan. Libatkan Tuhan dalam setiap rencana kita sehingga apapun yang kita kerjakan dan hasil yang kita raih sesuai dengan koridornya Tuhan untuk kemuliaanNya.

Nah, tahun 2010 sudah menanti kita untuk diisi dengan berbagai keberhasilan yang memberkati orang banyak. Gunakan setiap detik yang Tuhan anugerahkan dengan SMARTER way. God Bless you! (Ps. Edward R. Supit, Senior Pastor of WTC Indonesia, Puri Indah Jakarta)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: