Alkitab Bukan Teori Yang Sama

Cover Final cropSiang ini aku sempat membaca kiriman artikel mengenai bagaimana me-manage diri sendiri. Tentang hal yang perlu dilakukan untuk bisa pulih dari masa lalu yang buruk. Penulis mendasarkan tulisannya atas pengalaman pribadinya. Bagaimana ia mengalami hal-hal tidak baik waktu kecil, sehingga semua yang buruk itu terbawa sampai ia dewasa dan berumah tangga. Tertuang dalam tulisan yang sangat baik.

Tapi karena tidak mengerti beberapa poin di situ, maka aku pun berpikir mungkin karena aku tidak pernah mengalami kesulitan yang sedemikian rupa seperti yang penulis alami, sehingga tidak gampang untuk bisa mengerti mengapa poin 1, 2, 3 atau yang lain perlu dilakukan untuk bisa “pulih” dari luka masa lalu, pohon keluarga yang buruk, dsb.

Menurutku, teori yang ada di seluruh dunia ini, adalah hasil ciptaan manusia. Maka jangan heran kalau tiba-tiba teori yang sudah “berlaku” bertahun-tahun, ternyata terbukti atau dibuktikan salah oleh adanya teori yang baru. Mengapa? Karena pengalaman atau peristiwa yang dialami pada jaman sekarang justru bertolak belakang dengan apa yang “diajarkan” oleh teori tersebut. Atau istilah gampangnya: teori itu tidak terjadi/menjadi kenyataan. Atau hasil dari menjalankan teori itu tidak sama dengan yang diharapkan pasti terjadi oleh karena teori yang sama.

Tapi, ada satu “buku panduan” yang layak untuk aku pegang seumur hidup, yaitu Alkitab. Di dalamnya tersimpan banyak pengajaran berharga, yang tidak lekang oleh waktu. Yang tidak runtuh oleh bermunculannya teori-teori dan paradigma baru di dunia ini. Yang tidak terpatahkan oleh berubahnya penerimaan nilai-nilai luhur orangtua karena mulai tidak dihargai oleh generasi jaman sekarang. 

Jadi sebaiknya, aku memang hanya berpegang pada ajaran Firman Tuhan dalam buku itu. Sekalipun ditulis ratusan tahun lalu (entah ribuan tahun lalu), isinya tidak pernah lusuh dan tertinggal dari perubahan budaya, pergeseran norma, dan pendegradasian nilai kehidupan.(Erna Liem-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: