MASA DEPAN SUNGGUH ADA

Jul14Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang. (Amsal 23:18)

There is surely A FUTURE HOPE for you, and your hope will not be cut off. (Proverb 23:18)

Ayat ini me-rhema saat saya mengalami masa-masa sulit (kantor tempat saya bekerja pailit, berbulan-bulan saya tidak ada pekerjaan).  Ayat ini menjadi KEKUATAN, walaupun belum tahu kapan saya bisa bekerja lagi dan di perusahaan seperti apa & dimana, namun saya menjalani hari demi hari dengan suatu pengharapan bahwa saya pasti dapat pekerjaan yang terbaik (tetap naik dan tidak turun). Dan memang benar orang yang berharap kepada Tuhan tidak akan dikecewakan. Saya suka dengan istilah “not be cut off”, memberi pengertian kalau Tuhan tidak semena-mena “meniadakan/memotong/menyepelekan” segala pengharapan kita). Jadi mari kita menaruh pengharapan kita kepada Bapa di Surga yang mempunyai rancangan untuk masa depan kita. Amin!

Dalam situasi atau kondisi sulit, seperti: diagnosa dokter bahwa masa hidup tinggal beberapa bulan lagi, terserang penyakit yang membahayakan, kesulitan keuangan, kehilangan pekerjaan, ditinggalkan orang yang dikasihi, tidak lulus ujian, tidak naik kelas, gagal jadi juara dunia; dihukum atas hal padahal tidak pernah melakukan seperti yang dituduhkan, dll, memang membuat kita sulit untuk melihat masa depan yang lebih baik. Yang ada di pikiran hanya MADESU (Masa Depan Suram) daripada Masa Depan yang Gilang-Gemilang (Glittering Victory-Maz 20:6). Tetapi mari kita sama-sama belajar apa yang Tuhan sudah siapkan atau rancangkan untuk kita:

“Sebab AKU ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-KU mengenai kamu, demikianlah Firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejatera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.”

“For I know the plans I have for you”, declares The Lord, “plans to prosper you and not to harm you, plans to give you hope and a good future” (Yer 29:11)

Plans to prosper you

Prosper sinonim dengan: succeed, advance, progress, thrive, do well, bloom, grow rich. Masa depan yang BERKELIMPAHAN. Tidak kekurangan sesuatu yang baik, bukan hanya materi saja tetapi menyeluruh secara batin, jiwa dan spiritural.

Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang yang takut akan Tuhan tidak kekurangan sesuatu pun yang baik. (Maz 34:10)

Sebagai orang tua yang baik, mana mungkin senang kalau melihat anaknya hidup dalam kesusahan, gagal terus menerus, tidak mengalami kemajuan. Sebaliknya, mereka akan melakukan sesuatu yang lebih (bekerja lebih giat, hidup hemat supaya bisa membayar uang sekolah atau les anaknya dan lain-lain), demi anaknya.

Terlebih lagi Tuhan. Jelas tertulis dalam Yoh 10:10, AKU datang memberikan hidup, dan hidup dalam KELIMPAHAN. Tuhan merancangkan kita BERHASIL dalam segala yang kita lakukan (sekolah, pekerjaan, pelayanan dll). Tuhan merancangkan PERTUMBUHAN: secara fisik, rohani (mengenal Tuhan lebih lagi), karakter (semakin dewasa, semakin berhikmat, dll). Tuhan merancangkan kita KEMAJUAN: berkembang dalam berkreasi, kreatifitas, berpikir, ada nilai tambah. Tuhan merancangkan KELIMPAHAN, bukan kekurangan, supaya kita bisa menjadi berkat bagi orang lain, I’m prosper and generous.  

Not to harm you

Masa depan yang DAMAI SEJAHTERA, bukan masa depan yang penuh keburukan, kemalangan, kecelakaan ataupun kesusahan belaka.

To give you HOPE

Masa depan yang Tuhan rancang adalah yang PENUH HARAPAN. Bukan harap-harap cemas.  

Selama orang masih hidup, maka selalu masih ada harapan. Jadi selalu harapkan yang  terbaik, the best, bukan yang Second Best. Do not give up on God because God never give up on us.

A good future

Masa depan yang Tuhan rancangkan, masa depan yang CERAH, yang GILANG GEMILANG.  Orang tua yang baik saja tahu merancangkan yang baik untuk masa depan anaknya, terlebih lagi Tuhan kita.

Orang benar tersenyum memandang masa depannya (can laugh at the days to come). (Amsal  31: 25)

Banyak Jutaan hal-hal baik yang Tuhan sediakan bagi kita – our greater days are ahead of us (Percaya deh!).

Mungkin saat ini kita mengalami masa-masa sukar atau sulit, TETAPI… ijinkan diri kita mengalihkan perhatian dan tidak terus menerus melihat kondisi yang sekarang. Caranya? Mulailah bekerja sama dengan Tuhan yang telah memiliki rancangan terbaik untuk hidup kita bahkan sampai masa tua kita.

Yuk! Kita Menaruh harapan Penuh di dalam Tuhan. Expecting good things from God, refusing to give up, tetap semangat dalam menjalani hidup karena Masa depan kita Cerah, Gilang-Gemilang dan penuh dengan damai sejahtera. (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: