TUHAN ADA DIMANA-MANA

logo copy“Sesungguhnya, anak dara itu mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia “Imanuel” – yang berarti: Allah menyertai kita. (Mat 1:23)

Imanuel atau Emanuel, dalam bahasa Ibrani terdiri dari dua kata: El (Elohim = Allah) dan Emmanu = beserta kita. Ketika Tuhan selalu menyertai kita, itu berarti, DIA ada bersama dengan kita, DIMANAPUN kita berada!

KETIKA BERADA DALAM MASALAH

Dalam Kitab Mazmur 23:4 Daud berkata: sekalipun aku dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau bersertaku (for You are with me).

Kisah kehidupan Daud tidak terlalu mulus. Walaupun kita mengenal dia sebagai RAJA kedua bangsa Israel yang DIPILIH LANGSUNG oleh Tuhan, sebab TUHAN berkenan kepadanya. Daud sangat sering ditimpa masalah, dan masalah-masalahnya ‘diekspos’ dalam Alkitab.

Yuk kita simak dari riwayat kelahirannya. Daud terlahir sebagai anak bungsu. Perawakannya kecil/pendek. Wajahnya tidak “macho”, karena disebut “kemerah-merahan”. Untuk alasan urutan lahir dan fisik inilah maka di dalam keluarga, Daud dipandang remeh baik oleh orangtua yang melahirkannya, maupun oleh semua saudara laki-lakinya. Ini saja sudah menjadi masalah tersendiri. Daud menjadi anak yang “tersingkir”. Orangtuanya hanya memercayakan 2-3 ekor ternak untuk dia jagai. Kakak-kakaknya mencemooh ketika dia ingin ikut berperang melawan bangsa Filistin.

Tapi anehnya, Daud tumbuh menjadi pribadi yang takut dan cinta akan Tuhan. Buktinya? Dia, ketika dia mendengar nama Tuhan dihina oleh pahlawan perang Filistin berbadan raksasa, Daud marah besar. Buat dia, Tuhan itu segalanya. Lalu dengan tekat kuat dan keberanian yang memang sudah terbentuk menjadi mental Daud, dia menghadap Raja Saul (yang waktu itu ketakutan melihat Goliat), dan menawarkan diri untuk ikut berperang, bahkan membunuh si raksasa yang kata-katanya kasar menghujat Tuhan. Akhir cerita, peperangan dimenangkan bangsa Israel, GARA-GARA Daud! Dengan “alat perang” yang hanya berupa batu kali dan ketapel, Daud memimpin prajurit-prajurit Israel (termasuk kakak-kakaknya pasti) untuk menyerbu dan mengalahkan bangsa Filistin.

Lalu, apakah setelah itu Daud langsung menjadi raja? Tentu tidak. Masalah berikutnya menghadang. Timbul iri hati pada Raja Saul. Akibatnya? Daud harus berlari dan berpindah-pindah tempat persembunyian karena terus dikejar untuk dibunuh Saul. Walaupun Daud SUDAH DIURAPI menjadi raja menggantikan Saul, tapi kenyataan tidak berubah semudah membalik telapak tangan.

Apa yang membuat Daud bertahan? Karena Daud sadar bahwa TUHAN menyertainya! Tuhan selalu berada dimanapun Daud berada. Ketika ada masalah, Daud sadar TUHAN ada bersamanya. Itu sebabnya Daud selalu mencari kekuatan di dalam Tuhan. Bukan mencari kekuatan dari mengandalkan manusia atau bahkan paranormal/dukun. Daud HANYA mengandalkan TUHAN!

Saat ini, bagi Sahabat INSIDE yang sedang mengalami masalah, entahkah bertubi-tubi atau hanya ringan saja, ingatlah bahwa TUHAN ADA BESERTAMU. Masalah bisa ada dalam berbagai bentuk: susah tidur, bisnis yang bangkrut, sakit yang belum kunjung sembuh, kesulitan keuangan, tidak punya pekerjaan, dll, TUHAN mengerti SEMUA kesulitan kita! Masalah ada, seijin Tuhan. Dengan berani menghadapi masalah, kita menjadi pribadi yang lebih pintar dan bijak!

KETIKA KITA JATUH DALAM DOSA

Di dunia ini, tidak ada manusia yang kebal dosa. Untuk alasan inilah, Allah mengutus putra tunggalnya, Yesus, ke dunia. DIA datang MENYADARKAN manusia akan dosanya.

INSIDE ingin berbagi cerita seorang teman, sebut saja R.

Satu kali, R menyusuri jalanan untuk pulang. Seperti biasa, trotoar di sepanjang jalan dekat komplek rumah si R, yang berubah fungsi menjadi pelataran rumah, menjadi selalu sibuk. Ada saja kegiatan yang dilakukan oleh penghuninya di situ. Mulai dari mencuci baju, memandikan anak, mencuci piring, memasak, berjualan gorengan, dll. Nah sore itu, tiba-tiba saja kaki R basah terkena cipratan air. Spontan R kesal dan menatap seorang ibu, sebut saja Bu Imah, yang masih asyik mencuci perabotan rumahnya, berharap mendapatkan kata “maaf” darinya. Tapi ternyata…. Ekspresi Bu Imah biasa saja. Datar. Tidak merasa bersalah.

Melihat itu, R langsung tahu bahwa Bu Imah tidak menyadari bahwa air cuciannya sempat mengotori kaki R. Ya sudahlah kalau begitu. R melanjutkan langkah kakinya tanpa membahas lebih lanjut.

Dari cerita R di atas, INSIDE ingin memberitahukan bahwa seperti itulah kedatangan TUHAN ke dunia. Membuat manusia SADAR akan dosanya. Karena selama tidak sadar, maka manusia itu tidak akan bertobat.

Dan ketika kita jatuh dalam dosa, TUHAN ada bersama kita! DIA ada, DIA melihat, DIA mendengar, DIA mengerti kelemahan kita, dan… DIA ada untuk MENYADARKAN kita akan dosa-dosa kita. Supaya kita bertobat dan tidak lagi melakukan dosa yang sama!

Tuhan ada dimana-mana! Dimanapun kita berada. Persis seperti Mazmur Daud (Mazmur 139:1-10) yang INSIDE tulis ulang di bawah ini….(Erna Liem, Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

 
Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku;
Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.
Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.
Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.
Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku.
Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya.
Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?
Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.
Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: