Mudah ‘Down’

Andry LesmonoSaya sangat mudah ‘down’ ketika orang yang kepadanya saya kemukakan ide/pendapat saya ternyata menganggap remeh. Atau misal saya sudah yakin akan melakukan sesuatu hal, ternyata tidak disetujui oleh orangtua dengan alasan yang buat saya hanya based on kekuatiran saja. Pertanyaan saya, bagaimana saya bisa mengontrol pikiran dan perasaan saya setelah mendengar kalimat orang lain, yang buat saya bukan bernada dukungan atas apa yang saya kemukakan? Supaya saya tidak down, atau patah semangat? Terima kasih sebelumnya. (E, 35, Jakarta)

JAWABAN:

Hal pertama yang penting dalam belajar mengelola pikiran dan perasaan kita adalah mengenali siapa diri kita sendiri. Tuhan menciptakan setiap manusia unik dan tidak ada yang sama. Hal ini bisa dilihat dari cara berpikir (cognitive) dan cara merasa (affection) yang berbeda-beda dari setiap manusia.

Teknologi yang mempelajari ‘human behavior’ saat ini dapat menolong kita untuk memberikan konfirmasi terhadap keunikan diri kita. Setelah kita mengenali pola pikir dan perasaan kita, kita akan lebih mudah mengelolanya untuk menghadapi situasi dan sikap orang lain yang sering kali tidak sesuai dengan keinginan kita.

Saran saya, pertama Anda perlu menciptakan pola pikir bahwa setiap orang mempunyai pendapat/pemikiran sendiri. Buat pikiran Anda mengerti bahwa adalah wajar bila orang lain belum tentu sependapat dengan kita.

Kedua, belajar kelola perasaan Anda saat menghadapi respon ‘penolakan’ dari orang lain (mungkin perasaan marah, kecewa, dll) dengan cara mengerti pemikiran yang pertama tadi.

Setelah itu kembangkan respon yang benar seperti mencoba menganalisa lebih dalam pendapat dari orang lain tersebut sehingga timbul pengertian, tetap menghargai orang lain tanpa harus marah dan yang lebih penting tetap fokus pada tujuan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tuhan memberkati. (Andry Lesmono-CBC Certified Behavior Consultant & Character Coach, Director of Power Character)

Ada pertanyaan? Email saja ke: buletininside@gmail.com. God bless!

Leave a Reply

