SUKSES ITU GAMPANG

logo copy“Berhasil!!”, “Aku berhasil!!”, “Sukses!!” adalah kata-kata yang diidamkan setiap orang untuk terjadi dalam seluruh kehidupannya. Sama seperti harapan orang tua yang ingin anaknya berhasil, demikian juga dengan Bapa di Surga ingin setiap anak-anakNya mengalami keberhasilan.

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. (Yohanes  10:10)

Untuk ini, INSIDE ingin berbagi tentang apa yang tertulis dalam Mazmur 1:1-2, yang kalau diterjemahkan adalah seperti ini:

PILIHLAH Orang yang Tepat dalam Hidupmu!

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh… (Mzm 1:1)

Yuk, kita cek. Siapa sih orang-orang yang paling dekat dengan kita selain orangtua dan kakak/adik di rumah? Sedikit atau banyak, mereka punya peran penting dalam memberikan “arahan” hidup kita. Kalimat bijak mengatakan: “Show me your friends, I’ll show you your future.”

Dalam berteman, membangun jaringan, berelasi, bekerja sama kita akan bertemu dengan bermacam karakter. Tapi jangan ijinkan semuanya memengaruhi. Melainkan pilihlah!

Yang penting adalah: kepada siapa kita meminta nasehat ketika kita menghadapi masalah? Dan kalau saat ini teknologi sudah begitu maju, kita bisa berteman juga secara virtual. Jadi yang juga perlu kita cermati adalah: media sosial! Baik atau buruk, pengaruhnya besar!

“Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik” (I Kor 15:33)

Merenungkan Firman Tuhan dan Melakukannya

tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. (Mzm 1:2)

Firman Tuhan yang tertulis dalam Alkitab punya jawaban dari setiap permasalahan kita. Isinya tidak lekang oleh waktu alias selalu up to date! Mengapa? Sebab di dalamnya, Tuhan memberikan pengajaran, tuntunan/arahan, dan terang ketika kita seolah berjalan di lorong gelap tak berujung. Firman Tuhan itu hidup, berkuasa, dan memiliki DAYA CIPTA.

HASILNYA?

Apa yang akan terjadi ketika kita dikelilingi oleh orang yang tepat dan hidup dalam pengajaran Firman Tuhan?

Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. (Mzm 1:3)

Pohon yang ditanam di tepi aliran air memiliki akar yang kuat! Begitu juga kita yang memiliki orang-orang tepat dan hidup dalam Firman Tuhan, kita tidak akan mudah terombang-ambing tanpa pendirian ketika masalah melanda. Kita jadi orang yang berani menghadapi tantangan. Bukan lari dari proses kehidupan.

Kita juga akan seperti pohon yang menghasilkan buah pada musimnya! Ini bisa berarti hidup kita menghasilkan “buah”. Apa yang kita miliki (perkataan, tingkah laku, materi) memberikan pengaruh positif/membangun bagi siapapun yang memakan atau mencicipi buah itu.

Kesimpulannya? Sukses itu gampang. Sukses akan menjadi bagian kita dalam segala aspek (keluarga, pekerjaan, dll). Nama Tuhan dipermuliakan. Dari Tuhan, oleh Tuhan dan bagi Tuhan! Amin! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: