CINTA INDONESIA

AGUSTUS 2013Adakah rasa CINTA di hati kita untuk negeri yang dikenal sebagai “zamrud khatulistiwa”, tempat dimana kita lahir, tumbuh, besar, tinggal dan hidup? Besarkah kadar cintanya, atau sama sekali belum tumbuh? Punyakah Mimpi atau Harapan untuk Negeri ini, atau Kerinduan untuk membangun negeri ini? Di bulan Agustus, yang adalah bulan “Kemerdekaan” bagi bangsa ini, mari kita bangkitkan kembali semangan Cinta Indonesia!

“Aku Cinta Indonesia”

Prof. Yohanes Surya. PhD. Sang Super Guru yang menjadikan anak-anak Indonesia yang dibimbingnya menjadi juara Olimpiade Sains dan Matematika tingkat dunia, percaya bahwa tidak ada orang bodoh. Yang ada hanya anak yang tidak mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dan metode yang benar. Hasil nyata bimbingannya: anak kelas 2 SD dari Papua yang sudah tinggal kelas 4 kali, berhasil menjadi Juara matematika tingkat nasional, dan juara membuat robot!

Setelah lulus dari Universitas Indonesia, beliau melanjutkan studi master dan doktoralnya di Amerika. Memang beliau sempat bekerja disana dan ditawari berbagai hal menarik untuk tetap tinggal, tetapi beliau memilih pulang ke Indonesia untuk berbuat sesuatu. “Aku Cinta Indonesia,” katanya. Hasilnya: pada tahun 2006, beliau mendirikan Surya Intitute, dengan visi/mimpi: 15 tahun kedepan mendidik anak-anak Indonesia di daerah yang paling tertinggal, sampai menjadi Doktor (PhD).  30.000 doktor, yang disebar diseluruh pelosok negeri. Benar-benar karya anak bangsa yang Cinta Indonesia!

Merry Riana. Miliarder, motivator, penulis buku sukses. Buku tentang kisah hidupnya menjadi best seller yang menginspirasi jutaan orang. “You can take me out from Indonesia, but You can never take Indonesia  out from me”, adalah pernyataannya. Sejak Januari 2013, beliau menjadi presenter talk show “The Merry Riana Show” di Radio Sonora 92 FM Jakarta, bertemakan: Cinta Indonesia. Setiap tamu yang diundang, di akhir acara membacakan Surat Cinta untuk Indonesia yang dibuat oleh mereka sendiri. Dan banyak kegiatan lain yang dilakukannya sebagai wujud cintanya akan Indonesia.

Ev. Daniel Alexander. Penginjil yang meninggalkan Negeri Kangguru Australia,  demi mencurahkan hidup dan cintanya untuk anak-anak di Bumi Cendrawasih (Papua). Bersama Yayasan Anak Indonesia, beliau mendirikan sekolah di tanah Papua dengan kurikulum International.  Tekadnya adalah untuk membangun tanah Papua lewat dunia pendidikan.

Dan masih banyak lagi Pejuang “Aku Cinta Indonesia” yang melakukan sesuatu sesuai talenta, bidang dan panggilan hidupnya, untuk membangun Indonesia.

LOVE & BUILD

Mencintai dan Membangun bangsa Indonesia pada zaman sekarang ini, bukan lagi dengan pergi ke medan peperangan melawan penjajah. Bukan! Peperangan sekarang adalah perang melawan kebodohan, kemiskinan (jiwa dan material), dan ini: kemalasan!

Para tokoh di atas adalah “pejuang-penjuang” masa kini. Mungkin kita belum bisa mengikuti jejak mereka. Tapi, mulailah melangkah untuk mencintai dan membangun negeri ini, antara lain dengan:

Mendoakan kota di Indonesia

Seperti yang tertulis dalam Yeremia 29:7; “

Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

Menyayangi dan membangun keluarga

Keluarga adalah organisasi paling kecil dan paling dekat bersentuhan dengan kita, setiap hari! Jadi, kalau mau menyayangi bangsa Indonesia dan berbuat sesuatu untuk bangsa ini, praktekkan itu dengan menyayangi keluarga terdekat lebih dulu.

Menyayangi Bumi Indonesia

Salah satu cara: buanglah sampah pada tempatnya (klise tapi sulit dilakukan. Mulailah hari ini!). Atau gunakanlah fasilitas umum: kamar kecil, transportasi, jalan umum, dengan baik.

Mari rapatkan barisan dan bergerak bersama-sama tanpa membeda suku, bangsa, dan agama untuk menjadikan Indonesia Bagus, Indonesia Bangkit, Indonesia Maju, Indonesia Raya. Dirgahayu Indonesiaku! (lovina linawati santoso-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: