4 Tipe Orang Hebat yang Harus Kita Punyai

JUNI 2013Tipe 1: Mereka yang membuatmu sehat secara emosional

Ada dua tipe orang hebat di dunia. Tipe yang pertama, akan membuat kita kagum kepadanya setelah kita berbicara dengannya. Tipe kedua, akan membuat kita kagum kepada diri sendiri setelah kita berbincang-bincang dengannya. Bahkan kita akan merasa lebih hebat daripada orang tersebut. Milikilah teman seperti orang hebat tipe kedua! Bergaullah dengan orang yang membuat kita merasa penting, dihormati, dan berharga.

Satu dari mentor-mentor saya punya cara luar biasa untuk membuat saya merasa penting. Dia seorang miliarder, tapi memperlakukan saya seolah saya lebih penting dari dirinya. Hal kecil yang dilakukannya ini membuat saya percaya bahwa saya orang yang istimewa. Dari caranya mendengarkan saya, menghormati pendapat saya. Dia tidak menertawakan pertanyaan-pertanyaan konyol yang saya lontarkan kapadanya. Contohnya, selesai rapat di kantornya, dia akan menemani saya ke mobil dan tidak beranjak sampai saya pergi. Hal-hal kecil yang menyampaikan pesan bahwa saya orang hebat. Carilah orang-orang yang seperti itu.

Tipe 2: Mereka yang membuatmu sehat secara rohani

Adalah sangat penting untuk memiliki kerohanian yang sehat. Untuk itu milikilah pemimpin rohani yang “memberi makan” dengan kasih Allah. Yang tidak tinggi hati.

Ketika seorang pemimpin rohani yakin bahwa dia lebih baik, lebih suci, dan lebih benar dari setiap orang lain di gereja, berhati-hatilah. Seorang pemimpin rohani yang baik seharusnya mengerti kesalahannya, dan mengakuinya di depan orang lain. Carilah seorang yang membuatmu sehat secara rohani.

Tipe 3: Mereka yang membuatmu sehat secara intelektual

Apakah kamu punya mimpi? Siapa saja yang sudah menggenapi mimpimu? Bergaullah dengan mereka. Selami pikiran mereka. Dengarkan mereka. Baca buku-buku mereka. Hadiri seminar-seminar mereka.

Ada dua tipe pengajar. Yang pertama, hanya punya banyak buku pengetahuan. Tipe kedua memiliki pengetahuan yang didapat dari pengalaman. Tipe kedua ini akan mengajar dari pengalaman mereka. Carilah tipe yang kedua.

Saya punya mentor-mentor yang memiliki pernikahan yang luar biasa, sekaligus menjadi orangtua yang hebat. Saya punya mentor rohani yang hidup dalam kasih secara nyata dan kekudusan, yang menginspirasi saya untuk melakukan hal yang sama. Saya punya mentor keuangan yang adalah jutawan dan milioner.

Jika kamu ingin penghasilan yang lebih, bergaullah dengan orang-orang yang mencari uang, menabung, berinvestasi dan memberi lebih daripada yang engkau lakukan. Belajarlah dari mereka.

Tipe 4: Luangkanlah waktumu bersama Tuhan.

Tuhan Yesus berkomitmen untuk punya waktu doa setiap hari.

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. (Markus 1:35)

(Diterjemahkan dan diedit oleh INSIDE dari http://www.bosanchez.ph)

Leave a Reply

