HONORING GOD

APR13Kata “Honor” mengandung arti “Respect” (Hormat). Kita tahu bahwa Penghormatan/Penghargaan bisa diberikan kepada seseorang karena:  status sosial (Juragan/Tuan tanah dll ); Posisi/Jabatan (Presiden Direktur, Gubernur, Gembala, dll); Gelar (Guru Besar, Doctor of…, Master of…, dll); Hasil Karya/Prestasi (Juara Olimpiade, Motivator Sukses, Penari Dunia, dll) atau karena Kepribadian/Reputasi yang baik (excellence, jujur, adil, bijaksana, dll).

Lalu, apakah Tuhan memenuhi kualifikasi seperti di atas? Apakah Tuhan layak kita hormati? Jawabannya: tentu saja! Tuhan sangat sangat layak menerima penghormatan kita! Tuhan yang adalah Juru Selamat hidup kita, Pemberi Nafas Kehidupan kita,  Pemilik Gelar “Penasehat Ajaib”, “Allah yang Perkasa”, “Bapa Kekal”, “Raja Damai” dan masih banyak lagi. Penghasil Maha Karya: membentuk manusia dari debu tanah, merubah air jadi anggur, membangkitkan orang mati, dll. Pribadi: Maha Adil, Maha bijaksana. Tuhan MELAMPAUI seluruh kualifikasi untuk diberikan penghormatan. Layaklah segala bangsa sujud menyembah DIA!

“You are worthy, our Lord and God to receive glory and honor and power, for you created all things, and by your will they were created and have their being. (Rev 4:11)

His work is honorable and glorious, and His righteousness endures forever (Psalm 111:3)

Bless the Lord, o my soul! O Lord of my God, You are very great: You are clothed with spendor and honor. (Psalm 104:1)

Bagaimana cara untuk menghormati Tuhan?

3 hal bisa kita lakukan/perbuat sebagai Tanda Penghormatan kita kepada Tuhan.

#1. Our Worship/Penyembahan Kita

Gaya hidup yang “menyembah” merupakan penghormatan kita kepada Tuhan. Ini tidak berarti 24 jam kita ada dalam posisi duduk menyembah Tuhan di gereja/di rumah saja, tanpa melakukan apapun. Tetapi ini lebih kepada:

  • menghormati Hari Sabat, artinya: datang beribadah ke gereja setiap minggu.
  • memberikan kata-kata pujian kepada Tuhan, contoh: “Yesus Engkau baik, Engkau Allah yang besar, Allah yang tidak terbatas, Yesus Allah yang perkasa dll”.
  • menyanyikan lagu (kidung) pujian/mazmur kepada Tuhan.
  • bersorai-sorai/bertepuk tangan kepada Tuhan. Penghargaan/penghormatan kepada manusia bisa ditandai dengan “standing applause”.
  • berdoa, bersekutu di dalam doa.
  • membaca Firman Tuhan.
  • mengucap syukur

The sacrifice that honors me is a thankful heart. Obey me, and I, your God, will show my power to save. (Psalm 50:23)

#2. Our Service/Pelayanan Kita

Tanda kita menghormati Tuhan adalah melayani Tuhan dan sesama. Perlu dimengerti bahwa dasar pelayanan kita adalah bahwa kita menghargai kehidupan yang Tuhan berikan. Kita mengerti bahwa segala talenta/bakat/keahlian yang kita miliki adalah berasal dari Tuhan, maka kita kembalikan semuanya untuk memuliakan namaNYA. 

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Dari Tuhan, oleh Tuhan, dan bagi Tuhan, kemuliaan bagi Dia selama-lamanya! (Roma  11:36)

Ambillah bagian dalam pelayanan sesuai karunia yang Tuhan berikan, antara lain:

  • Pelayanan di Ibadah Raya/hari Minggu, menjadi singer, operator multimedia, guru Sekolah Minggu, pendoa, dll.
  • Pelayanan Diakonia: menjenguk/mendoakan orang sakit, bakti sosial, pengobatan gratis, dll.
  • Pelayanan Misi: melayani anak jalanan, rumah singgah, dll.
  • Pelayanan dimana pun Tuhan menempatkan kita. Contoh: seorang siswa (pelayanannya: belajar dengan baik supaya berprestasi), seorang pekerja (pelayanannya: bekerja menghasilkan yang terbaik untuk perusahaan), ibu Rumah Tangga (pelayanannya: tunduk kepada suami dan menjadi Ibu rumah tangga yang baik).

 #3. Our Action/Tindakan Kita

Tanda menghormati Tuhan dengan tindakan kita adalah dengan:

  • melakukan tindakan yang benar (yang menyenangkan hati Tuhan), bukan tindakan yang “mempermalukan”/ mendukakan hati Tuhan–dishonor/disrespect nama Tuhan.
  • melakukan tindakan yang sesuai Firman Tuhan, bukan yang bertentangan dengan Firman Tuhan. Contoh: menghormati Orang Tua (bukan berontak kepada orang tua), mengasihi musuh (bukan membenci musuh), menjadi saksi kebenaran (bukan saksi dusta), berpakaian yang rapi+pantas (bukan “sembarangan”) dll.
  • memuliakan Tuhan dengan harta yang Tuhan percayakan kepada kita.
    “Honor the Lord with your possessions. And with the firstfruits of all your increase.” (Proverbs 3:9) Dalam bahasa Indonesia: Muliakan Tuhan dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu.
  • Mengembalikan perpuluhan.
  • Memberikan persembahan khusus, contoh untuk pembangunan gereja, misi, diakonia, dll.
  • Memberikan persembahan buah sulung.
  • Menghargai/memelihara “harta” yang Tuhan percayakan kepada kita: kesehatan tubuh kita, rumah yang kita tinggali, mobil yang kita kendarai, dll.

Siap memuliakan dan menghormati Tuhan? Yuk kita mulai dari sekarang!! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: