Saran Untuk “Save Player”

Pertanyaan: Bagaimana caranya saya bisa memiliki keberanian dalam mencoba melakukan hal yang baru, sementara saya adalah tipe ‘save player’?

JarotJawaban: 

Kali ini saya akan memberikan sebuah sisi pemikiran yang berbeda. Jika anda ‘save player’ kemunginan besar tipe temperamen dasar anda ‘plegmatiq’ atau  foto karakter ‘hijau’. Bisa juga anda tipe ‘melankolis’ yang hati-hati, berpikir jeli dan teliti, bahkan cenderung perfectionist, yang cenderung ‘save player’ juga. Orang tipe ‘sangunis’ memang tipe yang terlalu berani mencoba hal-hal baru, menikmati tantangan dan menganggap enteng kegagalan atau kerugian. Walaupun tipe ini memiliki kelemahan, yaitu tidak tekun dan tidak setia seperti orang plegmatis, dan tidak teliti seperti simelankolis. Tipe ‘koleris’ tipe yang berani mengambil keputusan dan komitmen menyelesaikan keputusannya, hanya tipe ini tidak penuh ide seperti sisanguinis. Artinya, tidak ada yang sempurna.

Akan sulit bagi anda, jika memang anda seorang ‘save player’, karena itulah temperamen anda. Maka jalani saja, bermain aman. Jika anda mau pindah pekerjaan, maka pastikan mendapat yang baru dan baru mengundurkan diri. Jika mau merintis usaha baru, maka anda bisa mencari rekan beda temparamen yang akan melengkapi kekurangan anda, dan kelebihan anda melengkapi kekurangannya. Rekan anda bisa isteri atau berkongsi dengan orang lain yang berani dan biarkan mereka yang merintis usaha dan anda tetap ‘save’ dengan pekerjaan anda saat ini dan menunggu sampai usaha yang dirintis oleh isteri atau kongsi anda mapan, untung dan anda baru ikut terjun membesarkan usaha tersebut, dan tetap berperan sebagai diri anda, karena itulah kekuatan anda dan itulah peran yang sebenarnya dibutuhkan oleh kongsi anda.

Anda tidak perlu ikut-ikut menjadi ‘berani’ karena justru ‘save player’ akan membuat usaha anda bersama isteri atau kongsi tidak akan terjebak dalam ‘gambling’ atau situasi ‘terlalu’ berani, ‘terlalu’ optimis, ‘terlalu’ beriman yang berujung pada kebangkrutan. Peran ‘save player’ anda akan membuat segala sesuatu dipikir 2 kali, dibahas 2 kali, dipertimbangkan lagi, didiskusikan dan diperdebatkan. Asal isteri atau kongsi anda memahami sikap anda adalah ‘kehati-hatian’ dan bukan penakut, bukan ‘tidak punya iman’ tetapi kelebihan yang mereka butuhkan dan secara managemen memang seharusnya orang berkongsi dengan tipe yang berbeda, sehingga menjadi tim yang kuat yang saling melengkapi.

Saat tipe pemberani, penerobos, pengambil keputusan bisa saja sudah bosan dengan usaha baru yang sekarang sudah tidak baru lagi, dan ternyata tidak berbuah seperti yang diharapkan, dan ingin segera pindah yang ‘baru lagi’, maka sering para ‘save player’ akan terus tekun meneruskan dengan setia dan memberikan hasil. Karena itu ada baiknya perlu dipertimbangkan pergumulan memerankan peran yang bukan temperamennya, atau memerankan perannya sendiri dan menjalankannya dengan kenyakinan sebagai style pribadi, yang seharusnya dan dibutuhkan orang lain, dan menjalaninya dengan bahagia. (Jarot Wijanarko)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: