BERJALAN DI AIR

Banyak dari kita sudah belajar tentang panggilan hidup, punya visi yang dari Tuhan. tapi ketika mulai melangkah, kita menemukan ternyata visi atau panggilan itu terlalu besar buat kita. Dan kita akhirnya menjadi takut lalu melupakan visi atau panggilan itu dan belajar untuk “puas” dengan keadaan kita sekarang. Kita mulai berpikir bahwa ada yang salah dengan kita. Kita mulai berpikir bahwa apa yang kita impikan dulu itu tidak realistis. It’s just a dream, and doesn’t mean to be real.

Sobat INSIDE, jika itu yang menjadi cara pikir kita, jangan heran bila kita melihat orang lain semakin maju tapi kita masih jalan di tempat setelah bertahun-tahun berlalu. Tidak peduli seberapa besar visi atau panggilan Tuhan dalam hidup kita, selama kita mempercayainya dan tidak mau melepaskannya dan terus mengejar visi dan panggilan itu, suatu hari kita akan mendapatkannya. Percayalah!

Starting Point

Tapi sebelum kita mulai mengejar visi atau panggilan itu, pertama-tama harus kita pastikan jika visi atau mimpi atau panggilan yang kita punya itu berasal dari Tuhan dan bukan karena kita yang menginginkannya. Kita semua bisa bermimpi, tapi tidak semua mimpi itu berasal dari Tuhan.  Kita semua bisa merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu tapi tidak semua panggilan berasal dari Tuhan. Jadi langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan visi, mimpi, panggilan itu berasal dari Tuhan. How? Dengan menjaga hidup kita tetap berkenan kepada-Nya.

Mazmur 37:23  TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya.

Ketika kita punya hati untuk hidup berkenan di hadapan-Nya, maka langkah hidup kita pun akan diarahkan-Nya. Dan visi, panggilan atau mimpi-Nya tidak akan lagi menjadi pertanyaan buat kita. Karena pada saat itu, kita tahu Tuhan menetapkan langkah kita sehingga kita berjalan ke arah visi, panggilan atau mimpi-Nya bagi kita.

Next …

Begitu kita tahu apa yang menjadi kehendak Tuhan bagi hidup kita, langkah berikutnya adalah mulai melangkah. Ini yang kadang susah untuk dilakukan. Saat melangkah kita akan melihat banyak tantangan, kritik, bahkan cemoohan. Pertanyaannya, apakah kita akan terus mempercayai visi yang kita terima atau melepaskannya dan mulai menyesuaikan hidup kita dengan keadaan kita?

Tahun 1980an, Pastor Phil Pringle mendirikan ChristianCityChurch, salah satu mega-church di Australia. Waktu itu gereja masih “kuno”. Pastor Phil adalah salah satu pionir yang memperkenalkan “modernitas” kepada gereja-gereja waktu itu dengan memasukkan lagu-lagu rohani kontemporer. Bisa dibayangkan apa yang terjadi, dia menerima kritik luar biasa. Tapi dia bertahan, karena dia merasa itu adalah panggilannya. Dan akhirnya? Berkat dia, sekarang kita punya gereja yang bersemangat, bergairah, kreatif.

Waktu kita  melangkah dalam panggilan Tuhan, kita harus sudah mengharapkan akan ada kritikan. Tapi bila kita tidak menyerah dan terus maju, kita akan sampai di tempat yang Tuhan inginkan bagi kita.

Berjalan di Air

Dalam perjalanan menggenapi visi dan panggilan Tuhan dalam hidup kita, ingatlah kisah Petrus berjalan di air. Yang membuat Petrus bisa berjalan di air adalah karena Yesus yang memanggilnya datang kepada-Nya dengan berjalan di air. Dan karena Yesus yang memanggilnya, maka tidak ada yang tidak mungkin.

Sobat INSIDE, sama  seperti Yesus memanggil Petrus untuk datang kepada-Nya dengan berjalan di air, Dia juga memanggil kita untuk datang kepada-Nya, menggenapi visi-Nya bagi kita dengan cara “berjalan di air” juga. Visi dan panggilan Allah bagi kita mungkin sangat besar sehingga rasanya seperti mustahil, semustahil berjalan di air. Tapi ingatlah, jika Dia yang memanggil, yang harus kita lakukan adalah taat, karena waktu Dia memanggil, Dia juga memampukan kita menggenapi panggilan itu. (denny pranolo-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: