Apa tujuan hidupmu?

Pertanyaan tentang tujuan hidup adalah salah satu pertanyaan terpenting dalam hidup kita, karena jawaban dari pertanyaan ini akan menentukan ke mana kita mengarahkan hidup kita. Nah, yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana kita bisa menemukan jawaban dari pertanyaan yang sangat penting ini? 

Saya ingin share sesuatu yang mendasar dari menemukan tujuan hidup kita: hidup berkenan kepada Tuhan. Apa hubungan hidup berkenan kepada Tuhan dengan menemukan tujuan hidup kita?

First Thing First

Pertama, kita harus ingat bahwa hanya Tuhan yang tahu apa tujuan hidup kita. Jadi pribadi pertama yang harus kita tanya adalah Tuhan, pencipta kita, apa yang Dia inginkan dalam hidup kita. Berdoalah!

Second   

Kedua, pastikan kita hidup berkenan di hadapan-Nya. Mazmur 37:23 mengatakan “TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya.” Waktu kita hidup berkenan kepada Allah, Dia sendiri yang akan mengarahkan “langkah-langkah” kita sehingga sesuai dengan apa yang menjadi rencana dan kehendak-Nya. Jaga hidupmu!

It’s About Heart

Hidup berkenan di hadapan Tuhan adalah bicara soal hati. 1 Samuel 16:7b berkata, “manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” Kita dari luar mungkin bisa saja terlihat sebagai orang “Kristen” tapi bagaimana dengan hati kita? Apakah kita punya hati yang mengasihi Dia? Apakah kita merindukan bersekutu dengan Dia setiap hari? Hal ini jauh lebih sulit dinilai dari luar. Jaga hatimu!

Menjaga Hati

Caranya: pastikan kita dikelilingi oleh orang-orang yang juga punya hati rindu untuk hidup berkenan di hadapan Tuhan, supaya secara otomatis kita pun akan ikut punya hati seperti itu. Mintalah kepada Tuhan agar mempertemukan kita dengan orang-orang seperti itu. 

Dan tentu saja kita pun harus meminta kepada Tuhan agar  “menciptakan hati yang murni dan memperbaharui roh kita” (Mazmur 51:12 Alkitab versi AV ). Karena seperti janji-Nya, “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.” (Matius 7:7) 

Kesimpulan

Sikap hati kita sangat menentukan dalam proses menemukan tujuan hidup. Sikap hati yang berserah, yang benar di hadapan-Nya akan membuat kita bisa menemukan tujuan hidup kita, karena Dia sendiri yang memimpin langkah kita. Dia sendiri yang menetapkan apa yang harus kita lakukan selanjutnya! (denny pranolo-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: