Kerja Sungguh2, Dihargai

Saya kerja sungguh2 dari pagi sampai malam, tapi pekerjaan tidak juga selesai, karena saya tidak punya staf. Apakah itu sah2 saja? Tapi di mata orang lain kan tidak bagus, terkesan saya bekerja lambat?

Kita memiliki waktu yang sama 24 jam sehari, dan kita harus mengatur dengan sebaik-baiknya, supaya produktif, imbang dan masih ada waktu untuk pribadi, pelayanan atau sosial dan olah raga untuk kesehatan. Orang sukses kaya namun cepat mati, itupun sia-sia. Sibuk dan sibuk naik pangkat naik gaji namun digugat cerai istri atau diberontak anak, itupun tidak maksimal.

Nah di dalam bekerja, maka secara formal atau peraturan, orang bekerja adalah 40-42 jam seminggu. Jadi masuk jam 8-17 dan Sabtu libur atau jam 8-16 dan Sabtu masuk. Itu adalah jam kerja normal, kecuali mereka yang ada shift malam. Kerja ekstra 1 jam dianggap sebagai loyalitas dan lembur lebih 1 jam, seharusnya dihitung sebagai lembur, kecuali level manager atau minimal supervisor yang memang tidak ada lembur tetapi target.

Nah jika anda bekerja sampai jauh malam, maka ukuran pertama adalah seberapa anda produktif? Jika anda cukup produktif, bekerja tidak sambil fb, bb, dll, tetapi memang karena loading pekerjaan yang banyak, maka langkah terbaik menghadaplah atasan anda, sampaikan data pekerjaan anda dan mintalah seorang staf.

Namun jika atasan anda menilai, bahwa hasil pekerjaan anda tidaklah banyak, dalam arti loading anda sama dengan yang lain tetapi orang lain selesai lebih cepat, maka memang anda yang lambat dan bekerjalah lebih cepat atau lebih efisien. Banyak orang sibuk bekerja tetapi tidak efisien.

Tips untuk bekerja lebih cepat:

  1. Buatlah urutan prioritas pekerjaan anda. Ada baiknya anda membuat daftar apa yang akan dikerjakan esok hari, anda buat pada malam hari sebelum tidur. Ini sekaligus terapi bagi anda untuk mengendapkan pikiran anda, dan melihat secara keseluruhan apa yang harus anda kerjakan esok. Setelah semua tertulis yang harus dikerjakan, maka berikan nomor urut prioritas. Kelak jika anda punya staff, maka anda juga bisa memilah, mana yang harus anda kerjakan sendiri dan mana yang akan anda tugaskan ke orang lain.
  2. Fokuslah pada satu pekerjaan, kerjakan nomor 1 dan  jangan pikirkan prioritas ke 2. Selesaikan saja yang dalam prioritas tersebut, baru melangkah ke prioritas berikutnya.
  3. Matikan atau silent hp, fb, bb anda dan lihatlah hanya pada jam istirahat, karena itu menguras waktu anda. Tamu atau telp yang tidak penting tidak usah diterima. 
  4. Rapikan sistem folder file anda. Saya melihat banyak orang sibuk bekerja, tetapi sibuk mencari file, karena file tidak disusun secara sistematis, baik penamaan file maupun pemisahan fildernya, sehingga sulit mencarinya. Baik file di komputer maupun file barang dan dokumen.
  5. Jika pekerjaan anda membutuhkan keluar kantor, maka kondisi kota yang penuh kemacetan, anda harus membuat route se efektif mungkin. Jika anda ada sopir, maka selama di jalan itulah gunakan waktu untuk telp, sms, bb dan menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Jika semua tips bekerja efektif sudah anda lakukan dan anda masih pulang malam juga, artinya loading anda memang sudah over/kebanyakan dan anda harus berani menghadap atasan untuk minta staf, supaya anda sendiri lebih produktif. Yakinkan atasan anda jika hal-hal kecil anda bisa tugaskan ke anak buah, maka anda bisa melakukan hal-hal yang lebih penting dan itu juga demi kebaikan dan keuntungan perusahaan, pasti atasan anda akan setuju. (Jarot Wijanarko/www.ifadahsyat.com)

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: