IT’S MY TIME!

Dalam bahasa Yunani kuno, ada dua kata yang artinya ‘waktu’. Yaitu: Chronos dan Kairos. Chronos berarti The Personification of time. Contoh: 1 tahun=365 hari, 1 hari=24 jam=1.440 menit=86.400 detik. Kairos artinya the right or opportune moment (the supreme moment), atau saat yang tepat atau yang benar. Kita semua tahu bahwa waktu berlalu dengan sangat cepat. Bulan ini adalah bulan ke-6 dari 2012! Sudah ½ tahun lho! Setengahnya lagi berarti sudah di akhir 2012!

Yuk kita pakai waktu kita dengan bijaksana, seperti tertulis dalam Mazmur  90:12, “Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” Simak baik-baik INSIDE edisi ini!

 TIME – CHRONOS

Waktu (Chronos) termasuk salah satu TALENTA yang Tuhan berikan kepada kita yang masih hidup. (seperti dalam perumpamaan soal “talenta” dalam Alkitab, yang diberikan oleh Tuhan kepada masing-masing orang, Red). Karena jika meninggal, maka sudah HABIS waktu Chronos kita di bumi ini. Jadi, selama kita masih hidup, KELOLALAH dengan baik 1 talenta ini.

Ada istilah “Time is Money”, tetapi INSIDE mau beritahu bahwa “Time is more valuable than money”. Saat kehilangan uang, kita masih bisa mencari/mendapatkannya lagi, bahkan mungkin lebih banyak. Bagaimana dengan waktu? Tidak bisa seperti itu tentu. Tuhan memberikan jatah 24 jam sehari. Tidak bisa lebih. Setelah lewat, tidak akan bisa kita kembali ke waktu yang sama. “Mesin waktu” hanya ada dalam khayalan manusia saja.

Dalam bahasa Inggris ada 3 dasar pembagian waktu: PAST (waktu yang sudah lewat), PRESENT (NOW/sekarang) dan FUTURE (belum datang/akan datang, itu pun kalau kita masih punya kesempatan hidup). Nah, INSIDE mau katakan bahwa, satu-satunya Waktu yang bisa kita punyai dan jalani dengan yang terbaik (atau terburuk, sesuai pilihan hidup kita), adalah waktu PRESENT, NOW, SEKARANG!

Apa yang terbaik untuk kita lakukan SEKARANG?

Baca dulu Fil 3:13-14 dengan suara keras: …aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

 1. LAKUKAN SEKARANG – DO IT NOW!

Lakukan apa yang bisa kita lakukan hari ini. Tanpa menunda-nunda. It’s time for Action! Contoh: waktu sekarang adalah waktu paling tepat untuk kita bisa membahagiakan orang tua dengan apa yang kita punya (bukan dengan hutang lho ya!), jangan tunggu kaya raya dulu, baru mau menyenangkan orang tua. Saat ini juga, kita bisa mulai usaha, tidak harus menunggu sampai jago dalam hal marketing, modal besar, lakukan apa yang kita bisa dengan apa yang kita punya dari Tuhan (bakat, teman-teman, alat, fasilitas, integritas diri, dll). Dll.

 2.  HARGAI WAKTU – USE/VALUE YOUR TIME, DON’T WASTE IT

Ini berhubungan dengan kata “manfaat”. Lakukanlah setiap kegiatan/hal yang membawa kebaikan/MANFAAT bagi kehidupan diri kita sendiri, keluarga, sesama, gereja, bahkan bangsa dan negara!

3. Manajemen Waktu – MANAGE YOUR TIME

Caranya: buatlah prioritas tentang apa yang harus kita selesaikan setiap hari. Kata kuncinya: SKALA PRIORITAS. Bagilah menjadi apa yang “Tidak penting, tidak mendesak”, “Tidak penting, mendesak”, “Penting, tidak mendesak”, “Penting, mendesak”. Contoh: membayar tagihan kartu kredit/cicilan sebelum jatuh tempo termasuk hal penting, walaupun tidak mendesak. Tapi harus kita prioritaskan. Karena kalau sampai kita lupa, maka kita akan terkena denda/bunga yang tidak sedikit/sebanding dengan cicilan kita.

Untuk ini, buatlah catatan “TO DO LIST”. Jangan hanya ingat di kepala, karena nanti malah membuat “ruwet” pikiran, dan bingung apa yang harus dikerjakan/bahkan jadi tidak mengerjakan apa-apa karena bingung. Lalu FOKUSLAH  dengan apa yang kita kerjakan. Jangan sedang mengerjakan suatu hal, tapi pikiran sibuk memikirkan pekerjaan yang lain.

It’s My Time (Chronos): saat ini adalah waktu yang kita miliki dari Tuhan yang harus kita hargai, kita kelola, kita manfaatkan sebaik-baiknya sebagai pertanggungjawaban kita atas “talenta” yang Tuhan percayakan kepada kita!

TIME – KAIROS

Perhatikan baik-baik kalimat ini dan resapi artinya: Lakukan Chronos-mu, supaya sampai pada Kairos-mu. Artinya: ada momen khusus yang Tuhan sediakan bagi kita, dimana momen tersebut tidak akan kita alami tanpa kita menjalani waktu Chronos kita. Contoh: momen Kemenangan Indonesia Idol, Miss Indonesia, dll, bisa dialami seseorang karena dalam keseharian mereka menjalani waktu Chronos mereka dengan melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Antara lain: mendaftar, mengisi formulir, ikut audisi, ikut karantina, belajar vokal, jaga stamina, dll). Tidak akan ada “Harvest Time”, jika kita tidak melewati “Sowing/Planting Time”. Tidak akan ada “ Recovery/Cure Time”, jika kita tidak melewati : Sick Time”. Tidak akan ada “Promotion Time”, jika kita tidak melewati “Hard Working Time”.

Seize Your Moment / Enjoy Your Time

Dalam hidup ada momen yang membawa kebahagiaan/keceriaan/sukacita. Tapi ada juga momen yang membawa kesedihan/dukacita. Seperti tertulis dalam Pengkhotbah 3:1, “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

Bagaimana sikap kita menghadapi semua itu? Percayalah bahwa Tuhan Yesus selalu ada di setiap kondisi bersama kita. Tidak ada yang kekal di dunia ini, seperti tertulis dalam II Korintus  4:18, “….karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal”. Semua akan berlalu, jadi sikap kita sebaiknya tidak berlarut-larut dalam kesedihan atau kegembiraan. Tetapi marilah kita  menikmati setiap waktu/momen/season dalam hidup kita dengan BIJAKSANA.

Dalam Perjanjian Baru, Kairos berarti “the appointed time in the purpose of God”, the time when God acts (Baca Markus 1:15, the kairos is fulfilled). Waktu yang ditetapkan Tuhan sesuai tujuanNya, waktu dimana TUHAN bertindak!

It’s My Time (Kairos), adalah waktu yang Tuhan sediakan/rancangkan bagi kita untuk mengalami Momen-Momen dalam kehidupan ini, yang mendatangkan kebaikan bagi kita dan supaya kita mengalami Perjalanan Kehidupan bersama TUHAN! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Apa nasehat orang tuamu yang paling membekas dalam hatimu? 

Riny Evana Rocky 

Walau aku gpunya tittle. . Tpi aku harus pintar,bukan hanya pintar tpi cerdik dan cerdas. . Trus, lebih baik tau sedikit dari banyak hal daripada banyak tpi dri sedikit hal. . .*yang terpenting. . Takut akan Tuhan adalah awal kesuksesan!!🙂 Jo HAniez Pangea 

berani jadi diri sendiri, sama jangan pernah Lupakan Tuhan dalam Hidupmu ..!!

 Tiara Naomi 

almarhum bpk sy selalu mengatakan utk mematuhi perintah Tuhanyg no.5…Hormatilah ayahmu dan ibumu..supaya lanjut umurmu ..ditanah yg diberikan Tuhan,Allahmu..kepadamu..

 Eunike Keke 

“dimanapun kamu berada, ada 2 nama yg kamu bawa, nama Kristus dan papa”

Yuli Gretha Dini 

ga perlu sering2 dugem, ga ada masa depan di sana.. *jleb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: