CIRI PRIA YANG TEPAT (Bag. 1)

Banyak pernikahan kandas di tengah jalan padahal pada awalnya mereka sepakat untuk berjanji “till death do us part”, akan terus bersama sampai maut yang memisahkan. Pertanyaannya: seperti apa sih PRIA YANG TEPAT itu, supaya kita hidup dalam pernikahan kudus sampai maut memisahkan?

BERTANGGUNG JAWAB

Pria yang bertanggung jawab tidak akan menimpakan kesalahan kepada orang lain. Ia akan mengaku bila bersalah, bersedia bertanggung jawab atas kesalahannya itu, mau meminta maaf, dan mau belajar dari kesalahan. Ia mau bertobat dan berubah. Pria yang bertanggung jawab memberi Anda kemantapan, rasa aman, dan hal-hal yang dapat diprediksi.

MENUNDA KESENANGAN

Pria yang mampu menunda mencari kesenangan akan mampu menahan diri untuk tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah. Ia dapat menabung dan bukannya memboroskan semua uangnya. Ia akan menjauhi hal-hal yang tidak mampu ia hadapi. Ia akan bekerja keras dalam pekerjaannya dan tidak berharap menjadi kaya dengan cepat. Doronglah dia untuk mempraktekkan sifat itu. Bantulah ia mengembangkan sifat tersebut sebelum menikah dengan Anda. Amati apakah ia memiliki kekuatan untuk menunda sesuatu yang tampaknya baik untuk masa mendatang.

BERKOMUNIKASI

Anda berhak mendapatkan pria yang mau berkomunikasi dengan Anda. Ia tidak harus menggiring banyak orang untuk dikhotbahi di lereng bukit, tetapi ia harus dapat mengungkapkan tentang dirinya dan dapat berkomunikasi dengan baik terhadap Anda secara pribadi. Jika sejak awal sudah tidak ada komunikasi, kemungkinan besar hal itu juga tidak akan pernah ada setelah Anda menikah. Pria yang tepat harus tahu cara berkomunikasi.

MEMILIKI TEMAN-TEMAN YANG MENDUKUNGNYA

Pastikan pasangan Anda yang tepat itu mempunyai teman yang dapat membantunya dan teman yang dapat ia bantu. Bertemulah dengan teman-temannya dan ikutlah terlibat dalam melakukan banyak hal bersama mereka. Jika Anda menikmati kebersamaan dengan mereka, mereka akan dapat mendukung pasangan Anda dan Anda.

Yang menjadi tanda bahaya bagi Anda adalah bila pria yang Anda pilih tidak mempunyai teman dan tidak berkeinginan untuk bergaul dengan orang lain, atau pria yang teman-temannya bersifat buruk.

MEMILIKI TUJUAN

Tanyakan apa tujuan hidupnya, mengapa ia hidup melebihi dari yang perlu dilakukannya di dunia ini, apa yang ia harapkan dapat diberikannya kepada dunia dan bagaimana cara ia melakukan itu. Tanyakan mengapa Allah menciptakannya dan bagaimana hubungan antara tujuan hidupnya dengan Allah.

BAIK HATI DAN MEMILIKI HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN WANITA

Pria yang baik dan tepat harus bersikap baik kepada Anda dan menghargai semua wanita. Jika ia berani menghina ibunya atau para wanita lainnya, maka pada akhirnya nanti ia akan beralih menghina Anda. Carilah pria yang menghargai Anda dan semua wanita.

BERDOA dan GEMAR MEMBACA KITAB SUCI

Anda perlu tahu apakah pria pilihan Anda itu seorang pria yang selalu mencari Allah. Pria yang tepat perlu mengikuti pendalaman alkitab, tempat ia belajar lebih banyak tentang Firman Allah. Doronglah ia untuk membaca bersama Anda. Jika ia merasa tidak nyaman, maka itu bisa berarti bahwa keintiman rohani tidak akan menjadi bagian dari kehidupan pernikahan Anda kelak. (Bersambung…) Sumber: Buku JANGAN SALAH PILIH-Stephen Arterburn

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: