Self-Awareness

Kali ini kita belajar untuk memahami “agenda tersembunyi”/”hidden agenda” (HA) dalam diri. Yaitu suatu mekanisme pertahanan diri  pada saat kita merasa sulit untuk menerima kekurangan diri kita. HA akan melindungi kita dari “rasa tertolak” dengan cara membuat impresi/kesan seperti yg kita inginkan. Tujuan HA adalah untuk “menolong” kita agar merasa lebih berharga, dengan cara “membuktikan sesuatu” kepada orang lain.

Apa sajakah kesan yang kita ingin tampilkan itu? Dan coba cek yuk, kita termasuk yang mana? Setelah itu, ada kok tips untuk mengatasinya! Mari kita simak baik-baik!

I’m Good

Kita sedang menyampaikan pesan dalam cerita2 kita bahwa kita adalah seorang “pahlawan” (tulus, baik, mau bekerja keras, rela berkorban, setia, dsb). Tidak berani menunjukkan diri apa adanya, hanya yg bagus2nya saja.

Kerugiannya: Orang lain akan bosan/lelah, sulit menjalin hubungan dekat dengan siapapun.

Self Awareness: menyadari bahwa: Saya punya kekuatan, sekaligus kelemahan. Begitu juga orang lain, punya kekuatan dan kelemahan. Saya dapat menerima kedua sisi tsb dalam diri saya.

I’m Good (But You’re Not)

Kita sedang membuktikan bahwa kita yg paling pintar, paling tahu, paling benar, sedangkan orang lain tidak.

Kerugiannya: orang lain akan merasa terancam.

Self Awareness: menyadari bahwa: Saya tdk perlu merendahkan orang lain utk membuat saya hebat. Saya tidak lagi membandingkan-bandingkan.

You’re Good (But I’m Not)

Suka memuji orang lain, namun berkata sebaliknya tentang diri sendiri. Ciri2 dari orang yang putus asa dengan diri sendiri. Basic statementnya: saya salah, saya bodoh, saya gagal à “kasihanilah saya”

Tujuannya: untuk mengelak dari tuntutan & harapan orang lain (tidak ada orang yg berharap banyak dari orang yg tidak kompeten), menghindari penolakan dari orang lain (dengan mendapat belas kasihan)

Self Awareness: menyadari bahwa: Saya juga punya kelebihan dan kemampuan. Saya tidak perlu membuat alasan-alasan.

I’m Helpless, I Suffer

Agenda dari orang yg selalu merasa menjadi korban (ketidakadilan, kekerasan, ketidakberuntungan,dsb). Tujuan: menghindar dari tanggungjawab dalam mencari solusi.

Self Awareness: menyadari bahwa: Hidup saya seimbang antara kesenangan dan luka, harapan dan kesedihan. Saya dapat membagikan kedua sisi dari diri saya tsb.

I’m Blameless

Orang yg suka mencari-cari alasan/ pembenaran atas kesalahan yg dilakukannya. Suka mencari kambing hitam. Tujuannya: menghindar dari tanggungjawab

Self Awareness: menyadari bahwa: Nobody’s perfect. Saya bisa saja membuat keputusan yg salah. Dan itu wajar saja.

I’m Fragile

Basic statementnya: “Jangan sakiti saya”. Suka menceritakan kejadian-kejadian yang “menyedihkan” tentang dirinya. Tujuannya: mendapatkan perlindungan, pengertian orang lain, menghindari tanggungjawab.

Self Awareness: menyadari bahwa: Saya agak takut ketika seseorang sedih, tapi saya dapat mendengarkannya.

I’m Tough

Ingin membuktikan bahwa saya adalah: Superman/Superwoman (kuat, pekerja keras, dll) daripada orang lain. Orang lain jadi kagum/segan karena kita terlihat begitu sibuk, orang penting. Tujuan: mendapatkan pujian, respek, pengakuan, menyembunyikan kelemahan diri, dll.

Self Awareness: menyadari bahwa: Saya dapat bersikap santai dan orang lain tetap akan menyukai saya. Saya tdk perlu membuat orang lain takut.

I Know It All

Sarana pembuktian diri, bahwa saya paling tahu, paling pintar. Suka mengkuliahi orang lain. Tujuan: melindungi diri dari terulangnya pengalaman “memalukan” (ketidaktahuan, ketidakmampuan). Kerugian: orang lain takut mendekat, merasa kurang dihargai, didengarkan, dll.

Self Awareness: Menyadari bahwa: Saya dapat mendengarkan, tertarik dan bertanya.Ada hal-hal yang menarik untuk dipelajari dan ditemukan, yg belum saya ketahui.

Dampak Negatif HA

Lelah emosi, mengapa? Selalu gelisah/cemas karena terus memakai defense/ topeng. Tidak hidup dalam “the real world” karena takut akan penolakan. Membangun harga diri yang palsu. Sulit membina relasi yg genuine (death on intimacy) à mengapa? Karena tak satupun orang yg tahu “the real u”. Apa yg orang lain ketahui tentang kita hanyalah “selected stories”

Leave a Reply

