What To See

Sesuai dengan surat rasul Paulus di Efesus 5:22-33, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam diri calon suami (atau istri) kita saat berpacaran. Perhatikan apakah dia:

Sebagai wanita belajar penundukan diri?

Hai istri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. Karena itu, sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah istri kepada suami dalam segala sesuatu (Ef 5:22-24).

Peran pria dalam sebuah hubungan adalah sebagai pemimpin. Dan wanita ditetapkan untuk tunduk pada kepemimpinan pria dalam sebuah hubungan. Tentu saja penundukan diri ini bukan penundukan diri yang terpaksa tapi sukarela karena dia melihat kualitas kepemimpinan calon suaminya yang memimpin dia sesuai dengan standar Alkitab.

Sebagai pria menjalankan perannya sebagai kepala?

Karena suami adalah kepala istri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat (Ef 5:23).

Bukan berarti karena pria adalah pemimpin maka dia bisa bertindak seenaknya, tapi pemimpin yang seperti Kristus, memimpin dengan kasih.Adakecenderungan pria zaman sekarang menjadi pasif dan membiarkan wanita memimpin. Ini jelas bertentangan dengan firman Tuhan. Prialah yang harus memimpin, dan dia harus memimpin bukan sebagai diktator melainkan sebagai gembala yang lembut tapi tegas.

Sebagai pria menunjukkan kalau dia mengasihi pasangannya, bahkan rela berkorban untuknya?

Hai suami, kasihilah istrimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya…Demikian juga suami harus mengasihi istrinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi istrinya mengasihi dirinya sendiri. Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi memelihara dan merawatnya, sama seperti Kristus terhadap jemaat (Ef 5: 25, 28-29).

Cinta itu dibuktikan bukan dikatakan. Kalau calon suami kita hanya bisa mengatakan kata-kata cinta saja tapi tidak bisa membuktikannya, lebih baik kita berpikir ulang untuk menjalin hubungan dengannya.

Sebagai pria menjaga kekudusan pasangannya?

Untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela (Ef 5:26-27).

Apakah calon suami kita ini sejak masih pacaran sudah menunjukkan kalau dia mau menjaga kekudusan hubungan kita? Menjaga kekudusan dalam hubungan lebih dari sekadar tidak melakukan seks, tapi juga kekudusan dalam pikiran. Ini mungkin agak sulit diketahui. Tapi minimal, kita bisa melihat apakah calon suami kita ini berkomitmen menjaga kekudusan dirinya sendiri atau tidak. Dengan menjaga kekudusan dirinya, dia juga pasti akan mau menjaga kekudusan hubungan kita.

Sebagai pria menunjukkan kemandirian?

Sebab itu, laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging (Ef 5:31).

Pada akhirnya, pria dan wanita akan menikah dan hidup lepas dari keluarga intinya. Jadi diharapkan sang pria sudah bisa menunjukkan ciri-ciri sebagai kepala keluarga yang bertanggung jawab. Apakah dia masih bergantung pada keluarganya untuk kehidupannya? Atau apakah dia sudah bisa mandiri? Apakah dia sangat tergantung pada keluarganya dalam menentukan keputusannya? Atau dia sudah bisa memutuskan apa-apa dengan bijak dan penuh pertimbangan?

Sebagai wanita menghormati pasangannya?

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: Kasihilah istrimu seperti dirimu sendiri dan istri hendaklah menghormati suaminya (Ef 5:33).

Sekali lagi penghormatan yang dituntut dari wanita kepada pria adalah penghormatan karena wanita itu melihat kualitas kepemimpinan yang alkitabiah dalam diri calon suaminya. Kalau calon suami kita sudah bisa menunjukkan kualitas kepemimpinan yang sesuai dengan Alkitab, maka dia pun layak dihormati. (denny pranolo-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: