Welcome New Year!!

Beberapa waktu lalu, kita banyak melihat poster  Maskot Sea Games ke-26 (Si Modo & Si Modi) dalam keadaan berdiri dengan sikap ramah dan bersahabat disertai tulisan “Welcome to all delegates/contigents”. Ini mencerminkan bahwa seluruh rakyatIndonesiamenyambut dengan ramah dan bersahabat kedatangan para delegasi dan peserta Sea Games di Indonesia. Saat kita bertemu dengan seseorang atau berkunjung ke rumahnya, kita bisa mendapatkan dua macam respon, yaitu apakah berupa sambutan gembira, hangat dan senang hati atau sebaliknya jutek, cuek, ogah-ogahan.

Nah, bagaimana sikap kita dalam menyambut datangnya Tahun Baru 2012? Apakah kita sambut dengan antusias, gembira, dan dengan senyuman karena percaya bahwa di tahun 2012 selalu ada berkat, pengalaman, dan kesempatan baru yang Tuhan sudah siapkan terbaik untuk kita? Atau sebaliknya, kita skeptis (kurang percaya, ragu-ragu), ogah-ogahan, putus asa seakan-akan tahun depan adalah tahun suram tanpa harapan?

Mari kita baca (dengan bersuara) Mazmur 65:12a, Engkau memahkotai tahun dengan kebaikanMu” (God crown the year (2012) with His Bounty”). Ulangan 30:19, “Aku memanggil langit dan bumi menjadi saksi terhadap kamu pada hari ini: kepadamu kuperhadapkan kehidupan dan kematian, berkat dan kutuk. Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu”.

Sambutlah tahun 2012 dengan tersenyum, antusias, semangat, percaya bahwa jutaan hal-hal baik  sudah Tuhan sediakan di tahun 2012! Enjoy your Life’s Journey in 2012!

Ketika kita bepergian menggunakan pesawat terbang dengan tujuan/kota/negara tertentu yang berjarak tempuh kurang dari satu jam, di dalam pesawat tersedia segala fasilitas yang gunanya adalah supaya kita bisa menikmati perjalanan ke tempat tujuan. Termasuk Pilot & Co-Pilot, pramugara/pramugari, yang akan membawa kita sampai di tempat tujuan senyaman dan seaman mungkin.

Begitu juga di dunia ini, Tuhan ingin kita anak-anaknya MENIKMATI dalam menjalani kehidupan. Bukan setiap hari terus menerus hidup dengan stres, kuatir, bersedih hati, berduka, bermuram durja, gelisah, berbeban berat, galau. Memang kita belum tahu, apa yang akan terjadi dalam perjalanan kehidupan di tahun 2012; banjir 5 tahunan? Krisis ekonomi? Redenominasi (penyederhanaan nilai mata uang rupiah)? Gejolak politik & keamanan? Dll. Semua sangat mungkin terjadi namun ingat, Tuhan juga menyediakan Janji-Janji FirmanNya yaitu untuk kita tetap hidup dalam kemenangan, kelimpahan dalam damai sejahtera dan kebaikan Tuhan! Karena sebagai Pencipta, Tuhan tidak menciptakan manusia supaya hidup menderita dan sengsara. Lalu, bagaimana caranya kita bisa menikmati hidup?

Do Not Worry, Be Happy

Dalam Matius 6:25-34, Tuhan mengajarkan untuk kita tidak kuatir. Di dalamnya dipakai kata “jangan”, yang artinya adalah sebuah perintah. Dengan kata lain, salah satu perintah Tuhan, yang harus kita penuhi adalah: “jangan kuatir”! Mengapa? Sebab jelas bahwa kekuatiran kita tidak ada manfaatnya. Sebaliknya, Tuhan memberikan solusi dalam mengatasi kekuatiran yang muncul dalam hati kita, yaitu: menyerahkan kekuatiran itu kepadaNYA! (Maz 55:23) di dalam doa, dan permohonan, dengan ucapan syukur.

Dengarkan Suara Tuhan & Lakukan Perintahnya dengan setia

Bayangkan kita berada dalam pesawat yang akan tinggal landas ke udara. Pastilah kita akan mendengar dan membaca banyak instruksi dari maskapai penerbangan yang kita gunakan, melalui kru pesawat dan cetakan yang diselipkan di kursi pesawat. Tujuannya hanya satu: keselamatan bersama. Demikian juga Tuhan. Dalam hidup kita, akan selalu diperhadapkan dengan “berkat” atau “kutuk”. Tepat seperti yang tertulis dalam Ulangan 28. Disitu jelas tersulis bahwa jika kita mendengarkan baik-baik suara Tuhan dan melakukan dengan setia segala perintahNya, maka hidup kita akan dilingkupi perlindungan dan berkat Tuhan.

Perhatikan Ucapan Kita

Ucapkan Janji-janji Tuhan, kata-kata Berkat, hal-hal yang baik sebagai ganti ucapan negatif, putus asa, penuh kemarahan, dll.

Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik , ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. (1 Petrus 3:10)

Janganlah engkau lupa memperkatakan Kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. (Yos 1:8)

FOOTPRINTS

Kehidupan di tahun 2012 terbentang di hadapan kita. Dengan apa kita mengisi hari-hari kita? Seperti kain kanvas kosong yang terbentang di hadapan seorang pelukis,  dengan gambar apa, coretan-coretan seperti apa, dan warna-warna apa yang hendak dilukisnya? Semua tergantung dari Sang Pelukis.

Jejak-jejak kaki (footprints) apa yang hendak kita tinggalkan? Apakah jejak kaki “keluhan” atau “ucapan syukur”?  apakah Jejak kaki “kuatir” atau “berserah kepada Tuhan”? Jejak kaki “mengandalkan kekuatan sendiri” atau “mengandalkan Tuhan”?  Jejak kaki “percaya” atau “skeptis”? Dst. Pilihan ada di tangan kita. Mari kita memilih yang terbaik karena hidup di bumi ini hanya satu kali untuk selanjutnya kita akan menghadapi tahta pengadilan Allah Bapa. Mari kita sambut Tahun Baru 2012 dengan sama-sama berkata: Welcome New Year 2012!! Enjoy your life in God! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)


Penting ngga sih punya Resolusi setiap awal tahun? Kalau iya, apa resolusimu?

 Melodiazz Sihombing 

penting banget donk. dengan adanya resolusi, maka hidup kita bakal lebih fokus n terarah untuk mencapai target

Ferry Setiawan 

Visi Misi Resolusi itu penting buat menyemangati kita. 2012: Wisuda n Cari kerja.

Samuel Silitonga 

lebih banyak baca FirmanNya

Vascha Imanuel Puput 

lulus sma dg nilai bagus, masuk ke akademi yg q inginkan … Juga makin tambah Iman percaya ke pada Tuhan Yesus n makin taat pada perintah2 Tuhan… Amien..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: