Tips Terpenting Dalam Membangun Hubungan Penuh Arti? (Bagian 1)

Salah satu prinsip dasar membangun hubungan adalah memberi. Semakin berarti pemberian kita bagi si-dia, entah pacar, teman, kongsi, pasangan, anak, orang tua atau pihak lainnya, maka semakin berarti pula hubungan yang dibangun. Pemberian bukan sebatas materi, apalagi uang. Kekuatan hubungan yang pondasinya uang, adalah hubungan yang rapuh. Bahkan ada pepatah, ada uang abang di sayang, tidak ada uang abang ditendang. Itulah kesalahan membangun hubungan dengan uang.

Pemberian atensi, perhatian, mendengarkan semua keluhan, semua ceritanya lalu memberikan kata-kata yang tepat, motivasi sederhana pada saat dan kondisi yang tepat, karena si-dia baru saja mengalami kegagalan atau penolakan, bisa menjadi pemberian yang luar biasa, dan hubungan anda menjadi penuh arti, karena kata-kata yang anda ucapkan “pas banget” dan membangkitkan kembali semangat hidupnya.

Namun sebaliknya, bagi orang yang sudah lelah kesana kemari konseling minta nasihat dan sudah didoakan puluhan kali, maka pertolongan riil, bantuan keuangan yang tidak seberapa jumlahnya, namun menyambung hidupnya, atau membuatnya bisa mengawali usaha kecil-kecilan, pasti tidak akan pernah dilupakan seumur hidupnya, karena itulah kebutuhannya.

Jadi dalam membangun buhungan, fokus anda haruslah dia dan bukan diri anda. Ketika orang jatuh cinta dan fokusnya adalah yang dicintai, bagaimana membahagiakan, membuatnya senang, maka hubungan itu begitu kuat. Membuat diapun bahagia bisa membahagiakan yang dia cintai.

Kapan hubungan rusak, hambar, menimbulkan kekecewaan? Saat fokusnya diri sendiri, ingin dipuji, ingin diperhatikan, ingin didengar, ingin dimengerti dan berbagai permintaan untuk diri sendiri. Bukannya tidak boleh, tetapi jika yang anda maksud adalah membangun hubungan, maka anda yang harus proaktif memberikan yang dia butuhkan, dan andapun pasti akan menerima yang anda perlukan. (bersambung) (Jarot Wijanarko/www.ifadahsyat.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: