Miracle

Dalam Lukas 1:37 tertulis begini: For nothing is impossible with God. Lalu dalam Matius 19:26 tertulis: ..with God all things all possible (NIV).

Dari situ jelas banget tersirat bahwa segala sesuatu itu mungkin bagi Tuhan, termasuk yang tidak mungkin terjadi dimata manusia. Tuhan bisa menjadikan dari yang tidak ada menjadi ada. Tidak ada yang sukar bagiNya. Tidak ada yang bisa membatasi kuasaNya (baik ruang, waktu, sarana, dll). Tuhan sanggup dan mau membuat mujizat.

Apa Arti MUJIZAT?

Bahasa latinnya mujizat adalah miraculum. Artinya a wonderful thing; wonder (biasa digunakan dalam istilah: sign&wonder); surprise; prodigy (something marvelous, a wonder).

Dalam bahasa Yunani terata: terata, dynameis, semeia, i.e., wonders performed by supernatural power as signs of some special mission or gift and explicitly ascribed to God.

Mujizat identik dengan  “something wonderful”. Jadi semua yang “wonderful” itulah Mujizat! Mati-bangkit, buta-melihat, tuli-mendengar, bisu-berbicara, lumpuh-berjalan, terima keselamatan, dibaptis, bisa melayani Tuhan, jatuh cinta, promosi, bisa bangun pagi dan bernafas, bisa bersekolah, bisa berkarya, diselamatkan dari kecelakaan, diluputkan dari bahaya, dll. Jadi artinya saat luas!

APA KATA ALKITAB MENGENAI MUJIZAT?

Selama 3 ½ tahun pelayanan Tuhan Yesus selalu disertai oleh Mujizat (tertulis di kitab injil). Apa tanda-tandanya:

  1. Exorcism: mengusir roh jahat dari seorang anak yang bisu, mengusir roh jahat dari orang Gerasa, dsb.
  2. Cures: menyembuhkan wanita yang sakit pendaharan, sakit kusta, buta dsb.
  3. Nature Wonders:  Air jadi anggur, mujizat 5 roti+2 ikan, angin ribut diredakan,berjalan di atas air dsb.

Pelayanan dari murid-murid Tuhan Yesus, para Nabi, para Rasul juga disertai dengan tanda-tanda mujizat. Semua ini menandakan bahwa Kerajaan Allah bukan soal makanan dan minuman, tapi soal Kuasa. Ini juga menandakan bahwa Allah itu baik, penyertaanNya sempurna, Dia ingin memberikan (selalu) yang baik untuk anak-anakNya. Kebangkitan Yesus juga merupakan mujizat yang menandakan bahwa Allah kita, Allah yang ajaib, Allah yang hidup.

MUJIZAT MASIH ADA

Apakah mujizatNya masih terjadi sampai saat ini? Tentu saja masih! Salah satu bukti nyata Keajaiban Tuhan adalah DIRI KITA SENDIRI. Kelahiran kita di dunia adalah salah satu mujizat. Hanya dari pertemuan sperma dan sel telur, maka kita (ciptaanNya yang ajaib) ada didalam rahim ibu kita.

Selain itu, kita bisa membaca atau mendengar kesaksian dari teman-teman terdekat bahkan dari seluruh belahan dunia mengenai mujizat Tuhan.

BAGAIMANA BISA MENGALAMI MUJIZAT?

Ingat ABDA (ask, believe,declare,act)

Ask (Minta)

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. (Mat 7:7)

Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu. (Yoh 16:24)

Believe (Percaya)

…Jadilah kepadamu menurut imanmu. (Mat 9:29)

Belajarlah percaya dalam hati dan terus berharap walaupun belum melihat secara jasmani.

Perkatakan Janji-Janji Tuhan (Declare)

Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu. (Mat 17:20)

Perkatakan kepada “gunung” permasalahanmu: “Oleh bilur-bilur Yesus, Aku sembuh”, “Tuhan buka jalan, saat tiada jalan”, “Bagi Tuhan tak ada yang mustahil, Bagi Tuhan tidak ada yang tak mungkin”, dll.

Act (Bertindak)

Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. (Yak  2:17)

Kalau kita mau ada mujizat dalam keuangan, kita juga harus bisa mengelola uang yang Tuhan percayakan kepada kita dengan baik. Kalau kita mau mendapatkan promosi, lakukanlah yang terbaik dan Tuhan akan mempromosikan kita tepat pada waktuNya.

KENAPA MUJIZAT BELUM/TIDAK TERJADI?

Salah seorang koordinator kebaktian di sebuah gereja yang INSIDE kenal, mengalami kecelakaan. Kondisinya kritis. Banyak yang berdoa agar Tuhan memberinya mujizat kesembuhan. Tapi ternyata beliau dipanggil ke rumah Bapa.

Seorang kakak wanita INSIDE sangat menginginkan kehadiran anak. Segala upaya dilakukan. Program bayi tabung pertamanya gagal. Dicoba lagi kedua kali, berhasil. Dia hamil. Semua anjuran dokter dijalankan: tidak boleh banyak bergerak, asupan makanan harus berrgizi, dll. Kerabat dekatnya sering memperkatakan Firman Tuhan. Namun setelah beberapa bulan, ternyata janin tidak berkembang dengan baik, sehingga harus dikuret/dikeluarkan dari rahim.

Masih ada orang tua/keluarga yang belum diselamatkan. Masih ada yang belum disembuhkan dari sakit secara fisik. Masih ada yang belum mendapat kenaikan jabatan, belum punya rumah sendiri, belum punya anak, belum menikah, dll. Kenapa mujizat belum/tidak terjadi?

  1. Ada Kedaulatan Tuhan. Tuhan berdaulat atas segala sesuatu. untuk memberi – mengambil ; mengangkat – menurunkan, dll.
  2. Segala sesuatu ada waktunya.Ada waktunya Tuhan (Kairos). Tidak bisa menurut time-table/jadwal kita, tapi sesuai waktu Tuhan.
  3. Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi orang yang mengasihiNya (Rom 8 : 28).

Mujizat bisa saja tidak terjadi, tetapi kebaikan Tuhan tetap ada bagi semua orang yang mengasihiNya. Baca ini: http://en.wikipedia.org/wiki/Nick_Vujicic. Atau baca kisah Hee Ah Lee, the four finger pianist dariKorea.

Ini kutipan dari artikel di KOMPAS saat dia diwawancara: “Bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara, berbagi kebahagiaan lewat dentingan pianonya, membuat Hee Ah mendapatkan semangat melanjutkan hidup. Sebagai wujud syukur, ia tak pernah berhenti berterima kasih kepada Tuhan. Sebuah kalung bergambar Yesus selalu digunakan Hee Ah dalam setiap kesempatan. “Tuhan yang memberikan kehidupan indah ini kepada saya,” ujarnya”

Walaupun mereka tidak menerima mujizat kesembuhan, tapi mereka tetap percaya  bahwa kehidupan mereka itu sendiri adalah suatu mujizat, walaupun mereka mengalami keterbatasan fisik.

Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalanKu dari jalanmu dan rancanganKu dari rancanganmu. (Yes 55:6)

        4.  Tuhan menguji kesetiaan / iman kita.

Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?” (Lukas  18:8)

Pada akhir hidup kita, yang dicari Tuhan bukanlah berapa banyak kebaikan yang pernah kita lakukan selama hidup, atau hal lain. Tuhan mencari iman.

KESIMPULAN

Jika segala sesuatu berjalan sesuai kedaulatan Tuhan, masihkah kita berharap mujizat, berdoa, beriman, meminta, dan percaya akan mujizatNya? Jawabannya: Tentu saja! Mengapa? Sebab itulah perintah Tuhan, bagian kita yang harus kita lakukan. Teruslah meminta, berdoa, percaya, berharap akan mujizat Tuhan! Karena dengan begitu kita sudah melakukan KEHENDAK Tuhan. Menjadi anak Tuhan yang AKTIF (bergerak, dinamis) bukan PASIF (menunggu), dan biarkan Tuhan melakukan BAGIAN-Nya!

Ingat! Mujizat sedang dan terus akan terjadi. With God, All things are possible! God bless you! (Lovinalina-INSIDE)

Pernahkah kamu sangat berharap mujizat, tapi tidak terjadi? Apa reaksimu?

Puspa Melati

Pernah. Aku pernah mengharapkan mujizat Tuhan untuk kesembuhan papaku, tapi sampai sekarang ga terjadi juga. Aku masih berharap sampai sekarang.

Anita Carolina

Pernah, reaksi awal gw sedih. plg berat belajar buat tetep bersyukurnya meski mujizat ga terjadi hehehe

Agnetha Koagow

pernah. secara manusia pasti merasa kecewa tp justru dari situ q belajar utk trs bersabar dlm menanti jawaban doa & tetap beriman bahwa d dlm YESUS MUJIZAT PASTI TERJADI..

LeNny Sinaga

smpe saat nie aq msh mnggu mujizat dr Tuhan tntg msa dpan aq , n jujur sbnr ny aq sdah jenuh n frustasi . ;(

Daud S Tjandra

ngak pernah…. Karna TUHAN slalu tepat waktu menolong kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: