MENGERTI 3 HAL

With Him are wisdom and strength, He has counsel and understanding (Job 12:13).

Dalam kehidupan ini, minimal ada 3 hal yang kita harus belajar untuk mengerti : Pribadi Tuhan (God), Diri Sendiri (Myself), dan Orang Lain (Others).

Tapi karena memang kita adalah manusia yang sedang dalam “work in process/work in progress”, maka Tuhan yang adalah ALLAH (Yang Maha Kuasa, Maha Besar, Maha Tahu, Allah Pencipta, God who full of wisdom and understanding)  adalah  satu-satunya pribadi yang bisa membuat kita mengerti dengan baik ketiga hal tersebut di atas.

UNDERSTAND GOD

Dalam kehidupan, apalagi sebagai orang percaya/anak Tuhan, adalah keharusan untuk belajar mengerti Tuhan, rencanaNya, isi hatiNya, jalan pikiranNya, apa yang menyukakan hatiNya, dll. Namun seringkali kita tidak mengerti jalan pikiran Tuhan. Contoh: sedang susah malah disuruh menabur, dalam kekelaman disuruh berkata “lebih dari pemenang”, dijahati orang disuruh memberkati dan mendoakan. Nah karena manusia serba terbatas, maka Tuhan memberikan:

  1. Roh Kudus, pribadi yang diutus Bapa supaya kita mengerti Bapa.
  2. Firman Tuhan.
  3. Wisdom & understanding (Hikmat dan Pengertian).
  4. Banyak perumpamaan.

UNDERSTAND MYSELF

Beberapa orang bertanya: “Aku ini sepertinya nggak punya kelebihan deh”, “Kekuranganku apa ya?”, “Aku kok gampang marah?”, “Kenapa aku gampang putus asa ya?”, dll. Beberapa orang lain berkata: “Aku punya mimpi besar, karena Aku punya Allah yang besar”, “Aku akan jadi pembicara ke bangsa-bangsa”, “Aku bisa mengelola banyak perusahaan”.

Tuhan Yesus adalah satu-satunya pribadi yang paling mengerti kita (ciptaanNya). Dia Allah Elohim (Pencipta) yang pastinya mengerti persis ciptaanNya, tujuan hidup, potensi, pribadi, isi hati,  kekuatan/kelemahan, niat ciptaanNya, dll. Itu sebabnya, untuk bisa mengerti diri kita, datanglah kepada Tuhan. Bergaul sama Pencipta kita, supaya Dia menyatakan kepada kita hal-hal yang tidak kita ketahui, memulihkan gambar diri kita, dan menjadikan kita sebagai pribadi seperti Kritus.

 ……sebab Tuhan menyelidiki segala hati dan MENGERTI segala niat dan cita-cita (I Taw 28 : 9b).

UNDERSTAND OTHERS

Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk sosial. Artinya tidak bisa hidup sendiri atau pasti memiliki hubungan dengan manusia lain.

Mengerti diri sendiri saja kadang sulit, bagaimana bisa mengerti orang lain? Puji Tuhan, dalam hubungan kita dengan orang lain, Tuhan mengerti bahwa kita akan mengalami banyak terjadi gesekan, luka batin, perbedaan pendapat.

Itu sebabnya, Tuhan mengajarkan melalui Firmannya mengenai berhubungan dengan orang lain: kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri, lakukan apa yang kita ingin orang lain lakukan kepada kita, bergembiralah dengan orang yang gembira dan bersedihlah dengan orang yang bersedih, dll.

Dengan begitu, Tuhan mau mengajar supaya kita mengerti orang lain. Mengerti kalo ada orang lain yang lamban dalam bertindak, yang tidak bisa tidur terlalu malam, yang tidak bisa makan sembarang makanan, yang ceplas-ceplos dalam berbicara, dll. Intinya: saling mengertilah dan dan lakukan apa yang Tuhan ajarkan melalui FirmanNya.

 “Put ourselves in the other person’s shoes and see things from their perspective” (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: