APAKAH DIA BENAR-BENAR MENGERTI?

Kita mungkin sering mendengarnya saat kita ada dalam masalah, “Allah peduli. Dia merasakan apa yang kita rasakan. Kita tidak sendirian.” Ok. Pertanyaannya, berapa banyak orang yang merasakan kebenaran kata-kata itu? Kalau memang Allah mengerti yang kita rasakan kenapa masih banyak orang yang merasa sendirian saat ada masalah? Apa kata-kata ini hanya berlaku bagi sebagian orang saja?

Kesalahannya bukan pada Tuhan, tapi pada kita. Kenapa kita tidak bisa merasakan kehadiran Tuhan saat kita ada dalam masalah? Salah satu penyebabnya adalah karena kita tidak melatih diri untuk merasakan Dia.

Saat Teduh

Ada satu istilah yang dulu sangat terkenal, saat teduh. Dulu, hampir semua gereja menekankan pentingnya saat teduh. Tapi seiring perkembangan zaman, istilah ini menjadi semakin jarang terdengar. Padahal saat teduh adalah kunci bagaimana kita bisa merasakan kehadiran Tuhan.

Kita semua tahu kalau Tuhan kita adalah Tuhan yang ingin membangun hubungan dengan kita. Malah waktu pertama kali menciptakan dunia, Dia selalu menyempatkan waktu ber-JJS (jalan-jalan sore) dengan Adam dan Hawa. Setelah Adam dan Hawa diusir dari tamanEden, Dia tetap berusaha membangun hubungan dengan kita. Karena itulah kita mendengar kisah Henokh, Abraham, Nuh, dan masih banyak lagi orang-orang yang bersekutu dengan Dia.

Kerinduan yang sama masih Allah nyatakan pada zaman modern ini. Dia masih rindu bersekutu dengan kita. Pertanyaannya, apakah kita juga rindu bersekutu dengan Dia? Apakah di tengah-tengah kesibukan, kita masih menyempatkan waktu untuk menyapa Dia? Berbicara dengan-Nya? Menanyakan kabar-Nya? Atau kita baru ingat Dia saat kita ada masalah? Dan kemudian kita bertanya, di manakah Dia saat kita ada masalah. Tanyakan pada diri kita sendiri sebelumnya, di mana kita saat Tuhan memanggil kita?

Doa yang Benar

Kalau kita merasakan kehadiran Tuhan dalam hidup kita, maka kita harus membangun hubungan dengan Tuhan. Memang tidak ada satu formula bakubagaimana caranya membangun hubungan dengan Allah. Tapi ada satu cara ampuh yang sudah terbukti selama berabad-abad. Doa.

Doa selalu menjadi cara ampuh bagi kita untuk datang kepada Allah. Bagaimana caranya kita berdoa? Sekali lagi tidak ada carabakubagaimana kita harus berdoa. Alkitab tidak mengajarkan kita harus bersikap seperti apa saat berdoa atau kata-kata apa yang harus kita katakan saat berdoa. Kenapa? Karena doa adalah suatu hubungan intim antara kita dengan Tuhan. Suatu hubungan yang pelaksanaannya tergantung pada tiap pribadi (dengan bantuan Roh Kudus).

Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan (Roma 8:26).

Kalaupun ada cara baku untuk berdoa, maka itu cuma satu. Dengan bantuan Roh Kudus. Karena kita benar-benar tidak tahu bagaimana caranya berdoa. Jadi apa yang harus kita lakukan saat berdoa? Masuklah ke kamar kita, tutup pintu (Mat 6:6) dan mintalah Roh Kudus membantu kita berdoa dengan benar (Roma 8:26) dan bangun hubungan dengan Tuhan dan rasakan kalau Dia pun peduli pada kita.  (denny pranolo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: