ALERT!

Dalam hal apa saja kita harus selalu berjaga-jaga?

  1. Kehidupan sehari-hari
  2. Kehidupan rohani/kerohanian kita
  3. Kekekalan

Kehidupan Sehari-hari 

Dalam hidup sesungguhnya ada rambu-rambunya yang bila kita langgar, kita menghadapi bahaya besar! Dan karena kita adalah manusia roh, memiliki jiwa dan tinggal dalam daging, maka untuk poin ini, kita harus berjaga-jaga dalam dua hal, yaitu jiwa dan tubuh kita!

Apa rambu-rambu untuk tubuh?

Tentu saja itu berarti berjaga-jaga/waspada terhadap segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh. Baik itu makanan, minuman, obat-obatan, dan lain-lain. Contoh: kalau terlalu banyak makan daging merah, maka kadar kolesterol dalam tubuh kita akan naik. Bila tidak ditangani/diobati, maka dapat membahayakan jiwa. Bisa terjadi penyumbatan di jantung, bahkan sampai kematian. Dalam Amsal  23:2 tertulis: Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu!

Contoh lain: obat antibiotik yang sangat berbahaya untuk fungsi organ tubuh kita, terutama ginjal. Banyak orang tidak sadar dan mengandalkan obat antibiotik yang memang “manjur” menyembuhkan sakit penyakit. Padahal ini sangat berbahaya dampaknya bagi tubuh kita dalam jangka panjang. Jika terus menerus dikonsumsi, sakit kepala, pusing-pusing, selalu dihantam dengan antibiotik, maka itu tadi, obat yang sama tidak cuma menyembuhkan secara cepat, tetapi sekaligus merusak fungsi ginjal tanpa kita sadari.

Rambu-rambu untuk jiwa?

Waspadalah terhadap segala hal yang masuk dan kita olah ke dalam pikiran dan hati kita. Entahkah itu melalui mata, atau telinga! Berjaga-jagalah atas apa yang kita lihat dan tonton serta dengar! Contoh: adanya tawaran menggiurkan untuk cicilan kartu kredit atas barang A. Bila kita berjaga-jaga, kita akan menghitung dulu total uang/cicilan yang akan kita keluarkan untuk barang A. Dan biasanya, kita akan mendapati bahwa harga barang A di akhir periode cicilan menjadi dua kali lipat! Kita lalu menghitung lagi, apakah sebanding pengeluaran untuk barang A dengan penghasilan kita setiap bulan?

Dengan mewaspadai semuanya, maka kita akan sadar dan mengerti mana yang menguntungkan, atau merugikan bagi kehidupan sehari-hari yang kita jalani.

Kehidupan rohani/Kerohanian

Dalam 1 Petrus 5:8 tertulis: Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Dalam hal kerohanian, berjaga-jagalah. Caranya? Miliki Saat Teduh setiap hari!

Bahaya kita jauh dari Tuhan? Kita ditelan iblis. Mungkin kita berpikir, mana mungkin? Kalau tahu ada iblis, pasti aku lawan! Ingat! Iblis seringkali tidak muncul sebagai sosok yang menyeramkan. Dia bisa menggunakan berbagai macam cara untuk membuat manusia terikat dalam dosa. Dan ini membuat kita jauh dari Tuhan. Dan semakin jauh. Bahayanya? Ketika umur kita di bumi ini selesai, tetapi kita sedang dalam kondisi “terikat dosa”, maka kita akan terbuang jauh dari Tuhan, untuk selama-lamanya!

Kekekalan

Percayalah bahwa TUHAN Yesus pasti datang untuk kedua kali. Entah kapan waktunya. Bumi dinyatakan semakin hancur oleh banyak ilmuwan. Kita mengenal isu Pemanasan Global atau Global Warming. Semakin hari, kondisi bumi semakin buruk. Panas matahari semakin berbahaya untuk keselamatan manusia. Dan lain-lain penelitian yang didapat dari penyelidikan para ahli bumi.

Sebab itu berjaga-jagalah! Karena kedatanganNYA adalah pasti! Akankah kita masuk dalam kekekalan bersama Tuhan atau tidak?

…. Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga. (Kisah Para Rasul  1:11)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: