HIIIYY HANTU!!

Film Indonesia bangkit. Nggak ketinggalan film-film murahan yang tidak bermutu ikut merebak. Tak terkecuali genre favorit masyarakatIndonesia: film hantu. Meski udah tahu hantu dalam film itu cuma bohongan, masih aja tetep banyak yang mempercayainya sebagai kisah nyata. Gak percaya, tetap saja merasa takut. Jadi penasaran, sebenarnya hantu itu ada atau cuma di film-film saja? Apa kata firman Tuhan tentang hantu? Betulkah hantu adalah roh yang yang sudah mati? 

“Sebagaimana awan lenyap dan melayang hilang, demikian juga orang yang turun ke dalam dunia orang mati tidak akan muncul kembali. Ia tidak lagi kembali ke rumahnya, dan tidak dikenal lagi oleh tempat tinggalnya”. (Ayub 7:9) 

Jadi apakah hantu itu? Betulkah cuma tahayul en dongeng belaka? Atau halusinasi manusia? Sebetulnya, yang disebut hantu oleh kebanyakan orang memang ada yang betul-betul roh, dan roh itu adalah jelmaan setan, iblis atau roh jahat yang menyamar sebagai arwah orang yang sudah mati. Dengan segala tipu dayanya, setan bisa membuat manusia percaya bahwa hantu itu adalah roh orang yang sudah meninggal, tujuannya agar manusia takut pada setan/ hantu, mengandalkan roh jahat (meminta bantuan jodoh, keberuntungan, kekayaan dsb) sehingga kita tidak mengandalkan Tuhan dan pada akhirnya melupakan Tuhan. 

Tapi, sekalipun hantu itu sebetulnya adalah iblis, kok banyak peristiwa nyata bahwa mereka bisa membantu manusia? Mungkinkah ada hantu/iblis yang menolong manusia? Ingatlah, nggak ada pertolongan dari iblis yang tanpa pamrih. Iblis bisa memberi pertolongan kepada manusia berupa kekuatan, kekayaan, popularitas atau daya tarik, tapi pasti selalu berbuntut jahat! Mungkin awalnya cuma berupa sesajen atau persembahan kecil-kecilan atau bahkan tanpa syarat sama sekali, tapi lama-lama iblis menuntut nyawa kita atau bahkan anggota keluarga kita.

Pertolongan yang sejati hanya ada dalam Tuhan, bukan dari roh-roh jahat atau bukan dari kekuatan diri sendiri (bacalah Mazmur 121:1-8, Yeremia 9:23-24 dan 17:7-8). 

Tujuan iblis menyamar sebagai hantu adalah untuk menipu dan mempengaruhi manusia supaya makin jauh dari Tuhan. Tentang kepercayaannya terhadap setan, ada orang yang:

  1. nggak percaya akan adanya setan. Biasanya mereka menganggap semua itu hanyalah lelucon atau mitos yang nggak perlu dipercaya.
  2. percaya adanya setan, tetapi hidup dalam pengaruh itu. Biasanya mereka menjadi takut akan hal-hal yang seram dan sangat percaya takhayul atau ada juga mereka yang dengan sadar mengakui sebagai penyembah setan.
  3. percaya adanya setan, tidak takut terhadapnya karena percaya manusia bisa mengalahkannya (tanpa pertolongan Tuhan).
  4. percaya adanya setan, tetapi tidak hidup dalam pengaruh itu. Orang ini sadar bahwa ada kuasa yang jauh lebih besar dari dirinya maupun roh-roh jahat itu. Kuasa Roh Kuduslah yang memampukannya untuk percaya bahwa ia tak perlu takut kepada setan. 

Jadi, setan itu memang ada, namun kita nggak perlu takut! Karena: Roh yang ada dalam diri kita lebih besar dari roh-roh yang ada di dunia (1 Yohanes 4:4). Kita yang telah ditebus olehNya dan menjadi orang percaya memiliki kuasa untuk mengusir setan

“Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku” (Markus 16:17).

Tuhan adalah sumber kuasa terbesar, jadi berserahlah hanya kepadaNya. Dalam perlindunganNya kita nggak hanya aman tapi juga punya kekuatan untuk melawan iblis. “Kepada-Ku (Yesus) telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. (Matius 28:18).

“Sebab ia (iblis) adalah pendusta dan bapa segala dusta” (Yohanes 8:44). Maka, sadarlah bahwa musuhmu si iblis itu memang jago nipu, tapi kita nggak boleh tertipu. Kita sudah tau siapa sebenarnya sumber kebenaran itu. (Yoh 14:6).

Kita punya senjata. Kenakan (Efesus 6:11-18), bawalah “pistol”mu, isi dengan “peluru” dan hadapilah si iblis. (F! Kacamata3d.blogspot.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: