KETIKA TUHAN MEMBUAT MASALAH

Masalah sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Hidup tanpa masalah bagaikan sayur tanpa garam. Kalau ditanya siapa sumber masalah, biasanya kita cenderung menjawab: manusia dan iblis.

Manusia? Jelas memang manusia tidak sempurna dan suka menyebabkan masalah. Iblis? Dia memang si pembuat masalah. Tapi ada sumber masalah ketiga: Tuhan.

Tuhan? Tuhan membuat masalah? Ya. Kita sering menyalahkan manusia atau iblis untuk setiap masalah yang kita hadapi. Tapi pernahkah kita menyalahkan Tuhan? Pasti tidak berani. But that’s the fact.Ada masa-masa di mana kita tidak melakukan kesalahan apa-apa dan tiba-tiba BUM….masalah datang dengan sendirinya. Dan semua kedamaian itu hilang. Dan kita bertanya-tanya, “siapa yang salah?”

Jawabannya tidak ada yang salah. Atau kalau mau menyalahkan, salahkan Tuhan (kalau kita berani :p )

Reaksi kita setiap kali ada masalah persis seperti murid-murid Yesus ketika melihat orang buta di Yohanes 9. Mereka langsung bertanya, siapa yang salah? Jawaban Yesus sangat luar biasa. Melampaui cara pikir kita. Tidak ada yang salah. Karena memang ini adalah kehendak Tuhan. Murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: “Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?” Jawab Yesus: “Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia. (Yoh 9:2-3)

Inilah kenyataan yang harus kita terima. Tidak semua masalah datang karena salah kita atau salah orang lain atau salah iblis. Tapi juga bisa karena Tuhan.

Beberapa contoh lain masalah yang disebabkan Tuhan di Alkitab:

Waktu Yusuf sedang menapaki karir di rumah Potifar, Tuhan membuat masalah dengan membuatnya dipenjara.

Waktu orangIsraelsedang “menikmati” perbudakan mereka, Tuhan membuat masalah dengan menyuruh Musa datang dan malah memperberat beban kerja orangIsrael.

Waktu Daud sedang menikmati posisinya di istana, Tuhan membuat masalah sehingga dia jadi buronan selama belasan tahun.

Waktu Ayub sedang menikmati hidupnya, Tuhan membuat masalah dengan mengizinkan iblis mencobainya.

Waktu Petrus sedang semangat membela Yesus, Tuhan membuat masalah dengan menyerahkannya pada tangan iblis untuk “ditampi” dan akhirnya menyangkal Yesus.

Ciri-ciri

Masalah yang datang dari Tuhan sifatnya tiba-tiba. Tanpa peringatan terlebih dahulu. Dan setelah kita melakukan cek dan ricek pribadi, kita tidak menemukan adanya unsur kesalahan manusia dalam masalah itu. Memang masalah yang disebabkan Tuhan melibatkan manusia. Tapi tidak disebabkan manusia.

Tujuan

Apa tujuan Tuhan dengan menciptakan masalah? Iseng? Kurang kerjaan? Tujuannya cuma satu, seperti yang dikatakan Yesus, “[supaya] pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam dia.” (Yoh 9:3)

Kedengarannya kejam dan egois. Supaya pekerjaan Tuhan dinyatakan dalam diri seseorang, orang itu kena masalah. Tapi coba kita lihat orang-orang yang mengalami masalah dari Tuhan ini. Bagaimana akhir hidup mereka?

Yusuf akhirnya menjadi penguasa di Mesir. OrangIsraelakhirnya masuk ke tanah perjanjian dan bebas dari perbudakan. Daud akhirnya menjadi rajaIsraelterbesar. Ayub akhirnya mengenal Tuhan langsung. Petrus akhirnya menjadi bapa gereja.

Pertanyaannya, siapa yang diuntungkan? Tuhan atau kita?

Cara Mengatasi

Karena masalah ini datangnya dari Tuhan, maka cara mengatasinya pun harus datang dari Tuhan. Kita tidak bisa menyelesaikan masalah dari Tuhan dengan cara menyelesaikan masalah yang kita tahu. Saat kita menghadapi masalah yang dari Tuhan, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah berdoa. Minta Dia menunjukkan jalan apa yang harus kita ambil. Dan lakukan. (denny pranolo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: