DREAMS

Kisah Naomi dalam Kitab Ruth adalah sebuah kisah tentang impian seorang manusia yang tidak tercapai. Impian sederhana dan sangat biasa seperti orang kebanyakan. Di masa tuanya Naomi ingin hidup bahagia dengan anak-anak dan cucunya. Tapi kisah hidupnya tidak sesuai dengan apa yang diimpikan. Setelah kematian suaminya, 10 tahun kemudian kedua anak laki-lakinya pun meninggal dunia. Dan mereka tidak meninggalkan satu orang keturunanpun.

Sebagai manusia biasa, merataplah Naomi dengan sangat sedih. Hatinya hancur, bahkan kata-kata yang keluar dari mulutnya sangat pahit. Imannya telah runtuh. Tidak ada lagi suka cita tersisa dalam hatinya. Sepertinya Tuhan sudah meninggalkan dan melupakannya. Benarkah demikian ?

Mimpi

Setiap kita yang hidup pasti punya impian dan harapan. Tapi seringkali sebelum tercapai, di tengah perjalanan kehidupan, masalah datang silih berganti bahkan sampai membuat kita sepertinya tidak dapat lagi melihat pertolongan Tuhan.

Firman Tuhan mengatakan bahwa tak berkesudahan kasih setia Tuhan, tak habis-habisnya rahmatNya, selalu baru tiap pagi, besar kesetiaanNya. Dari ayat ini, Tuhan ingatkan kita bahwa rahmatNya BARU tiap pagi. BARU, FRESH, BUKAN SISA DARI KEMARIN DAN BUKAN YANG SETENGAH UNTUK HARI INI. Benar-benar BARU. Untuk alasan inilah kita seharusnya tidak terpuruk tanpa harapan. Masih tersedia hari yang BARU bagi setiap kita!

Tetaplah percaya bahwa setiap impian dalam hati kita bukan muncul tanpa sebab. Bahkan untuk impian yang hanya “mampir sebentar”, semua ada sebabnya. Untuk impian yang terus kita bawa dalam jangka waktu lama dan tidak bisa hilang, itulah impian yang Tuhan taruh dalam hati bagi kita selama hidup di bumi ini. Impian berhubungan dengan “harapan”. Artinya orang yang punya mimpi, akan selalu berharap mimpinya jadi kenyataan. Itu sebabnya, mengapa orang yang sukses adalah orang yang selalu punya pengharapan. Pertanyaannya, sudahkah kita memiliki pengharapan dalam hidup ini?

Rancangan Allah

Dalam Yeremia 29:11 tertulis: Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Terjemahan Inggrisnya seperti ini: “My plans for you are good and not evil, to give you a future and a hope.”

Bayangkan saat ini, kita tidak sedang membaca ayat di atas, tetapi Tuhan sendiri yang sedang berdiri di hadapan kita dan mengatakan hal ini. Kira-kira seperti apa mimik wajah atau intonasi suaraNya?

Bayangkan wajah Tuhan yang berseri-seri, penuh gairah dan semangat menatap kita dan berbicara dengan penuh keyakinan, menyatakan bahwa rancangan-rancanganNya bagi hidup kita sungguh sangat baik. (I could even feel HIS PASSION and HIS LOVE while reading this powerful verse)

Tuhan bilang bahwa Rancangan-rancanganNya (untuk kita) itu baik (My Plans for you are good). Ingat, Tuhan adalah Pencipta loh! Bukan penemu. Tuhan sangat dinamis dan kreatif. Dituliskan juga, “My plans for you are good”, artinya dalam bentuk masa sekarang dan yang akan datang. Bukan yang sudah lewat atau kadaluwarsa. So, God still make the plans at this very moment, friend!

Ibarat orang yang merancang sebuah mobil atau gedung butuh kesungguhan dan ketekunan luar biasa. Banyak detil yang harus diperhatikan dan perbaikan-perbaikan yang diperlukan supaya hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Seperti itulah yang dilakukan TUHAN setelah DIA berfirman bahwa DIA telah merancangkan kehidupan yang penuh harapan buat setiap kita!!

Proses Penciptaan

Dalam proses pasti akan terjadi pemurnian karakter, perubahan, pertumbuhan dan tantangan yang harus kita hadapi. Tetapi ingatlah selalu bahwa: Proses tersebut ditujukan untuk kebaikan kita! Dan percayalah bahwa Tuhan selalu menyertai kita dalam menjalani setiap proses, bahkan sekalipun kadang/sering kita merasa “sendiri” atau dibiarkan sendiri oleh Tuhan.

Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.” (Ibrani  13:5b)

Apapun impian yang kita miliki tetap harus menjalani yang dinamakan “proses hidup”. Mengapa? Karena TUHAN lebih ingin untuk melihat karakter, perubahan, pertumbuhan dan ketahanan uji dari kita (sementara kita lebih menginginkan “hasil”nya). Tuhan hanya ingin memberitahu bahwa “hasil” yang akan kita nikmati, baru dapat kita nikmati secara maksimal jika kita sudah memiliki karakter yang murni, pribadi yang bertumbuh dalam pengenalan akan DIA, dan perubahan menjadi pribadi yang sempurna seperti Tuhan yang adalah sempurna.

Kita mengenal istilah “easy come, easy go”. Percayalah bahwa tanpa proses, “hasil” yang kita dapatkan, akan kita sia-siakan begitu saja.

Hasil atau impian yang tercapai

Tuhan selalu melakukan lebih daripada yang kita bayangkan atau pikirkan. Tertulis: “to give you a future and a hope”.

Artinya selain memberikan masa depan (future), Tuhan memberi bonus untuk masa sekarang maupun yang akan datang yaitu sebuah pengharapan. God always give us providence. (Providence berarti pemeliharaan. Bahkan ditulis dalam kamus,Providence itu adalah Tuhan sendiri. Artinya sangat dalam, yaitu Tuhan sendiri yang memberi diriNYA untuk menjagai, melindungi, menuntun, menilai, mengatur hidup kita! Dahsyat ya…!)

Jangan putus asa dalam masa “pemrosesan”, tapi tetap kerjakan bagian kita dengan sebaik-baiknya. Berikan atau lakukan yang terbaik yang kita bisa, dan mengucap syukurlah senantiasa, maka Tuhan akan memberikan kepada kita yang terbaik menurut pandanganNya.

Sama seperti Naomi yang pada akhirnya memperoleh impiannya maka kitapun  PASTI memperoleh bagian kita! Bermimpilah dan bekerjalah! (Loren Sartika-INSIDE)

‎”Dreams come true!!” Pernahkah kamu merasa atau berkata seperti itu, kapan?

 Kyoko

Pas gw putus harapan bwt ga kuliah lg, tapi Dia ngasih gw jalan dgn memasukkan gw k UI..
Yeah, My dreams is came true by Him…😀

Glory Nathalia

Dulu aku pernah brmimpi , andai aku bs mewakilin skolah aku pada suatu perlombaan ..

Ternyata, thn lalu, aku bs mewakilin sekolah aku mengikuti “speech contest” itu buat aku bangga bgt . Thanks God🙂

Intan Ekapratiwi

iyaa pas Tuhan menjwb doaku aku bs kuliah dan dterima di UGM sampe skrg kuliah lancar pun itu smua krn anugerahNya🙂

Nathaniel Elia

Iyaahhh…hehehe…Wktu bisa buat ortu bangga dengan msuk FK… Dan bru menyadarinya stlah beres sidang S.Ked..ho3…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: