FRESH AND NEW BEGINNING

Dalam Keluaran 16, dituliskan bahwa bangsa Israelsedang dalam perjalanan menuju ke Tanah Perjanjian, dan Tuhan menurunkan Manna sebagai makanan mereka. Instruksi Tuhan pasti. Yaitu Ambillah manna hanya untuk kebutuhan satu hari (one day supply). Karena kalau mengambil lebih dari kebutuhan, maka manna akan meleleh dan itu artinya tidak dapat dimakan untuk hari berikutnya  (kecuali hari berikutnya adalah hari Sabat). Hal ini berlangsung selama 40 tahun! Luar biasa! (Baca juga Matius 6:11; Give us this day our daily bread)

Di awal  tahun baru 2011 dalam perjalanan menuju akhir tahun, sampai tahun-tahun berikutnya Tuhan memberikan janji, bahwa Ia akan menyediakan hal-hal yang SEGAR & BARU (FRESH & NEW) buat kita setiap hari, dua puluh empat jam.

Dalam kehidupan saat ini, “manna” kita bisa berupa apapun: ide, hikmat, tuntunan, berkat, cara-cara yang baru, semua yang kita butuhkan fresh and new! Up to date bukan yang expired (kadaluwarsa).

GOD’s STOREHOUSE

Dalam Keluaran 16:4 dituliskan bahwa Tuhan menurunkan manna dari langit untuk makanan bangsaIsraelpada waktu itu. Dalam Ulangan 28:12, dituliskan bahwa Tuhan memiliki STOREHOUSE.Ada“GUDANG” penyimpanan untuk segala hal yang kita perlukan dan yang pasti gudangnya itu tidak akan kehabisan stok. Atau dengan kata lain selalu ada READY STOCK dan bukan WHILE STOCK LASTS. Itu sebabnya, Tuhan juga dikenal sebagai GOD THE PROVIDER. Tuhan akan menyediakan semua kebutuhan kita sesuai kekayaan dan kemuliaanNYA. He will provide all your needs according to His Richest and Glory! Yes! Jadi, PASTIKAN BAHWA KITA MENERIMA SEMUA STOK YANG MENJADI BAGIAN KITA!!

Lalu, bagaimana caranya supaya kita bisa mengalami/menikmati semua manna itu?

1. ENJOY

Manusia tidak diciptakan untuk menimbun enerji, seperti unta yang dapat menyimpan air untuk kebutuhannya berhari-hari berjalan di padangpasir. Itu sebabnya, tepat seperti kata “Today” atau “Daily” dalam Matius 6 tadi, maka Alkitab mengajarkan kita dengan jelas, bahwa dalam menjalani kehidupan ini (dimana tidak kita ketahui berapa lama kita hidup), pertama kali yang harus kita lakukan hanyalah MENIKMATI HARI DEMI HARI (ENJOY DAY BY DAY) yang kita lalui.

Buat yang masih single, enjoy your singleness. Bagi yang sudah menikah, tetapi belum memiliki anak, enjoy your marriage life. Nikmati pekerjaan kita saat ini, kendaraan yang kita pakai saat ini, keberadaan orangtua kita saat ini, dst. Sambil terus berharap bahwa pada saatnya Tuhan akan memenuhi apa saja yang kita butuhkan (FUTURE TIME).

Bagaimana kita bisa menikmati hari demi hari?

Tertulis dalam Pengkhotbah 2:24, “Tak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada makan dan minum dan bersenang-senang dalam jerih payahnya. Aku menyadari bahwa ini pun dari tangan Allah.

Ingat, hidup ini singkat. Kita tidak pernah mengerti atau memprediksi apa yang akan terjadi di depan. Jadi untuk dapat menikmati hari demi hari yang kita jalani, awalilah hari kita dengan berdoa meminta pertolongan Tuhan supaya kita dapat menikmati apa yang ada di tangan dan sekeliling kita saat ini. Banyak orang memiliki harta berlimpah, tetapi tidak dapat menikmati hidupnya karena hatinya penuh dengan rasa kuatir, was-was, takut. Jadi kenikmatan hidup bukan didapat dari uang, atau apapun juga, melainkan dari Pemilik Kehidupan yaitu Tuhan Yesus Kristus.

2. GIVE THANKS TO THE LORD

Percayalah bahwa segala sesuatu terjadi atas seijin Tuhan. Dan pastinya itu semua mendatangkan kebaikan bagi kita yang mengasihi DIA (Roma 8:28). Maka, mari kita belajar untuk memberikan KORBAN SYUKUR pada waktu keadaan sedang tidak baik dan UCAPAN SYUKUR pada waktu keadaan kita sedang baik-baik saja.

Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku…(Mzm 50:23)

Akhir kata, Enjoy your fresh and new daily life with God in the bright coming year all the days of your life!! Happy New Year! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

APA RENCANA BESARMU DI 2011?

Elisabeth Simorangkir

Lulus kuliah tahun depan… Amin

Brillian Horta Rajagukguk

Beli mobil dari hasil ngeband .. Amin

David Marpaung

Ujian jadi pendeta…

Thie Hartaty

Kuliah!!! Married dengan pasangan hidup yang Tuhan kasih…

Francis Kurniawan

Pgn cr kerja.. Yg jelas pgn jd org yg lbh baik lg..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: