REBORN

Pernah baca kisah Saulus yang berubah menjadi Paulus? Zakheus si pemungut cukai yang menerima keselamatan setelah Yesus memanggil namanya? Atau kisah kita sendiri yang  setelah mengalami “perjumpaan pribadi“ dengan Tuhan Yesus lalu cara hidup kita berubah? Kisah-kisah itu sebenarnya adalah tentang “kelahiran kembali”. Manusia lama menjadi manusia baru. Apa artinya lahir baru atau REBORN?

Manusia lama

Setiap kita terlahir ke dunia dengan membawa dosa keturunan, dosa Adam dan Hawa. Waktu itu, Adam dan Hawa memakan buah dari pohon pengetahuan baik dan jahat, yang konsekuensinya adalah hubungan antara manusia dengan Allah terputus. Ketidaktaatan kepada Tuhan membuat manusia pertama jatuh dalam dosa!

Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah. (Roma 3:23)

Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. (Roma 5:12)

Lahir Baru

Artinya menerima keselamatan dan diselamatkan dengan cara menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi.

Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu : Kamu harus dilahirkan kembali. (Yoh 3:7)

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit  ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. (Kis 4:12)

Dalam bahasa Yunani, kata “Salvation” atau keselamatan terdiri dari dua kata, yaitu kata kerja sozo dan kata benda soteria. Artinya: diselamatkan, disembuhkan, dibebaskan, diampuni, dilindungi, dibuat utuh /made whole dan dipulihkan. Waktu kita menerima Yesus sebagai Tuhan, semua yang Dia punya adalah milik kita, secara gratis! Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. (Roma 10:13)

Apa yang harus dilakukan untuk dapat lahir baru ?

  1. Percaya kepada Tuhan Yesus
  2. MenerimaNya dalam hati kita
  3. Bertobat, berbalik dari dosa
  4. Mengikut Tuhan Yesus.

Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati , maka kamu akan diselamatkan. (Roma 10:9)

Ingatlah dan percayalah bahwa Tuhan menciptakan kita untuk hidup dalam persekutuan denganNya. Jadi, kalau ada di antara kita yang belum terima Tuhan Yesus, belum lahir baru, dan mendengar panggilanNYA hari ini, jangan keraskan hati. Tuhan Yesus mengasihi teman-teman!

Berdoalah seperti ini: Tuhan Yesus saya orang berdosa. Ampuni  segala dosa dan pelanggaran saya ya Tuhan. Hari ini saya buka hati percaya kepadaMu. Bahwa Engkaulah Tuhan dan Juruselamat pribadiku. Saya serahkan seluruh hidupku ke dalam tanganMu. Terima kasih Tuhan buat anugerahMu. Di dalam nama Tuhan Yesus saya berdoa. Amin.

Selamat menempuh hidup baru di dalam Tuhan Yesus!! Tinggalkan dosa-dosa dari manusia lama, dan jadilah ciptaanNYA yang baru, yang bisa menerima kasih dan kuasaNYA secara penuh dalam setiap detik hidup kita! God bless you all!! (LOREN SARTIKA-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: