FIRST THING FIRST

Kehidupan merupakan hasil dari  langkah yang satu yang harus diikuti langkah berikutnya supaya tujuan kita tercapai.

Ilustrasinya begini: ada 2 orang, Michael & Joseph, berencana  mengikuti lomba bulutangkis nasional. Yang menjadi juara akan mendapat beasiswa melanjutkan kuliah. Michael mulai memperbanyak jadwal latihan lebih dari biasanya, menonton dvd pertandingan untuk mempelajari taktik dan strategi, menjaga asupan makanan+minuman. Supaya siap tanding di kejuaraan. Sementara Joseph cuma datang ke tempat latihan kalo tidak ada jadwal hang out dengan teman temannya. Saat pertandingan tiba, juaranya sudah bisa ditebak, yaitu Michael.

Ilustrasi tadi menggambarkan bahwa kita ini adalah ciptaan Tuhan yang diberi KEHENDAK BEBAS! Dan di dunia ini memang tersedia begitu banyak PILIHAN. TAPI ingat: kita semua punya jatah waktu yg sama: 24 jam sehari! Jadi, tidak bisa ditawar lagi, kita harus mengerti APA YANG PENTING (KNOWING WHAT‘s IMPORTANT) dan MELAKUKAN APA YANG PENTING (DOING WHAT’s IMPORTANT)

KNOWING WHAT‘s IMPORTANT

Yaitu tentang PRIORITAS hidup! Kita harus tahu hal utama apa yang harus dipenuhi lebih dulu? Yang ingin kita capai tahun depan? Ingin kita miliki 5 tahun kedepan? Pastinya banyak sekali! Maka kita harus menetapkan MANA yang harus diutamakan untuk kita lakukan lebih dulu. Apakah “menyelesaikan skripsi”, “mempersiapkan pernikahan/kelahiran anak”, “mencari peluang bisnis”, “pindah kerja”, “menabung untuk beli rumah”, dll. Bagi yang belum punya prioritas, HARI INI, tetapkan prioritas hidupmu, tuliskan itu, buat daftarnya! Mungkin prioritas harian, mingguan, bulanan, tahunan, dst.

DOING WHAT’s IMPORTANT

Setelah itu, LAKUKAN langkah-langkah yang penting dalam melakukan prioritas yang sudah kita tetapkan, supaya tujuan kita tercapai. Contoh: buat yang prioritasnya adalah menyelesaikan skripsi supaya lulus di tahun yang sama, maka hal penting yang harus dilakukan adalah mulai mencari bahan/buku referensi di perpustakaan, searching di internet, konsultasi dengan dosen pembimbing, mengetik bab-bab skripsi. Atau buat yang prioritasnya adalah punya rumah sendiri 3 tahun ke depan, maka mulailah mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yg “kurang perlu”, dan tidak tergiur tulisan “SALE” di pertokoan. Dalam Galatia  6:7b tertulis: “…apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya”.

Prioritas adalah juga soal WAKTU! Waktu tidak pernah bisa diputar balik. Jadi isilah waktu-waktu dalam hidup kita, dengan hal-hal penting lebih dulu. Jangan sampai salah prioritas!

Batu batu besar mewakili hal yg penting dan mendesak. Batu kerikil mewakili hal yg penting tapi tidak mendesak. Pasir mewakili hal yg tidak penting tapi mendesak. Air mewakili hal yg tidak penting dan tidak mendesak.

Seringkali banyak hal tidak baik akhirnya terjadi dalam hidup kita. Bukan karena Tuhan “jahat/tidak sayang”, tetapi karena kita salah menempatkan prioritas hidup! Berikut prioritas yang benar: Tuhan, Keluarga, Pekerjaan/pelayanan, Diri Sendiri. Jangan dibalik-balik.

Mengutamakan Tuhan bukan berarti sepanjang waktu kita cuma berdoa, baca Firman dan  memuji Tuhan, tetapi menjadikan Tuhan Pusat dalam hidup ini. Melibatkan Tuhan dalam setiap perencanaan, mengaplikasikan prinsip-prinsip Kerajaan Allah dalam kehidupan sehari-hari: bekerja jujur, jadi anak  yang menghormati orang tua, murah hati, rendah hati dsb, suami mengasihi Istri, istri tunduk pada suami, dst.

Biarlah kita semua punya kualitas hidup yang maksimal dengan cara mengerti apa yang penting, dan melakukannya! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Dua hal pertama apa yang kamu lakukan setelah bangun tidur?

Caroline Maria Andriani

Berdoa sama nyari hp

 

Rian Febrian Pottanobu

Buka mata trus Saat Teduh

 

 

Ria Trisna Wahyuni

Doa,mandi..hehe

 

 

Happy Nouvelle Ecosse

pray ‘n then greeting 2 my m0m and dad…:)

 

Anggi Saiba

Berdoa n Rapikan t4 tdr

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: