HOLLYWOOD

Saat saya menulis ini, film “Eat, Pray, Love” belum diputar di bioskop. Jujur, bukunya juga belum sempat saya baca. Tapi dari yang saya dengar, salah satu lokasi syuting yang lumayan centralnya adalah Bali. Makanya kemudian banyak yang merasa ‘bangga’ karena ‘Indonesia’ bisa masuk film Hollywood. Hmmm. Kok saya ‘belum’ bangga ya?

Dari yang saya perhatikan, film Hollywood akan menggunakan nama, menyebutkan atau memakai lokasi, atau membuat sebuah karakter dari Asia untuk menggambarkan sesuatu. Misalnya kalo ada orang Jepang biasanya untuk menggambarkan orang yang pintar, ahli teknologi atau geek (kutu buku). Orang Cina untuk menggambarkan budaya yang tinggi atau jago kungfu/bela diri. Kalo Indonesia?

Memang sih karakter tokoh orang Indonesia rasanya belum pernah muncul di film Hollywood, tetapi image Indonesia sering juga muncul di sana, dan biasanya untuk menggambarkan sesuatu yang buruk. Sangat disayangkan. Entah itu untuk menggambarkan ‘miskin’, ‘bodoh’, ‘primitif’ atau ‘antah berantah (jauh)’. Mau bukti?

Di film Alice In Wonderland (2009), Alice menolak rencana ayahnya untuk mengembangkan bisnis di Jakarta (terlihat peta Kalimantan di situ) dan berpindah ke China, karena kebudayaannya lebih tinggi. Alice menganggap Indonesia tidak punya potensi perkembangan bisnis ayahnya.

Film Anacondas mengambil setting pedalaman Borneo (Kalimantan) untuk menggambarkan hutan terpencil, primitif dan penuh binatang liar atau monster.

Di film King Kong (versi tahun 1933 ataupun 2005), disebutkan kalo pulau tempat King Kong berada adalah di pulau Tengkorak, berada di lautan sekitar Indonesia (untuk menggambarkan bahwa pulau itu jauh dan primitif). Makanya kapal laut yang membawa King Kong adalah kapal Soerabaja (Surabaya).
Di film Jumanji, ketika Robin Williams kembali ke dunia nyata dari hutan maya dengan berpakaian seperti orang gila, ia hendak ditangkap oleh polisi karena dianggap membuat onar. Tetapi Kirsten Dunst mengelabui si polisi dengan mengatakan bahwa Robin adalah pamannya yang berasal dari Indonesia (agar si polisi gak banyak tanya lagi soalnya Indonesia dianggap jauh dan primitif, seperti kelakuan Robin Williams saat itu).

Dalam salah satu episode serial Smallville, pacar masa SMA Lana Lang mendaftarkan diri menjadi tentara untuk di kirim ke Aceh Indonesia (untuk mengambarkan medan perang yang jauh dan ganas) dan mati di sana. Hmmm… contoh itu masih banyak lagi.

Terus, kenapa saya masih belum merasa bangga? Karena image itu masih melekat. Dan ketika Hollywood memakai nama Bali, mereka tidak sedang berbicara tentang Indonesia. Ada teman saya dari Amrik gak tau ada negara bernama Indonesia, tapi ketika saya sebutkan Bali dia baru ngeh. Image Bali sangat bagus di mata Hollywood, sebagai surga liburan. Tapi ketika berbicara tentang Indonesia, mereka seperti sedang mengejek kita.

Tapi apakah kita harus tersinggung? Menurut saya tidak perlu, tapi biarlah jadi cambuk untuk kita berusaha merubah image tersebut, dimulai dari hal-hal kecil sebagai warga Negara. Tunjukkan prestasi mendunia, keramahan, keindahan, kebaikan dan keunggulan. Lambat laun dunia akan mengenal ‘kebaikan’ Indonesia, bukan keburukannya. Dan suatu saat, ada tokoh/karakter film Hollywood yang akan muncul sebagai hero. (Fery Ferdiansyah, anakmudanet.blogspot.com)

Tentang Penulis

Gagal jadi seleb gak bikin dia depresi, setidaknya jadi seleb youtube udah bikin dia hepi. Satu istri, satu balita dan dua kura-kura menemani sehari-harinya sebagai penulis dan chief editor sebuah majalah remaja Kristen. Seorang  moviegoers, scifi-geek dan Jesus-freak sejati.  Ingin baca pikirannya dia tentang film, hidup dan Tuhan? Kunjungi http://www.kacamata3d.blogspot.com.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: