Rancangan Damai Sejahtera

Yeremia 29:11 adalah Firman Tuhan yang berulang terdengar dihati saat saya sedang duduk berdoa sambil menangis di kamar tidur. Waktu itu, saya mengalami pergumulan berat karena harus melepas impian saya (sekolah arsitek) sejak kecil, karena harus mengikuti saran orang tua dan kakak tertua untuk melanjutkan studi ke sekolah mode. Kondisinya waktu itu “tidak mengijinkan”. Apa daya saya harus taat.

Masuk sekolah mode saat itu bukan hal menyenangkan bagi saya, karena 90% pesertanya adalah ibu rumah tangga. Tidak seperti sekarang, peminatnya kebanyakan anak muda. Tuhan memang memberikan talenta dalam diri saya sejak lahir tetapi hikmatNYA menuntun saat saya mulai taat kepada rencanaNYA sehingga mampu menyelesaikan sekolah dengan baik..

Setelah itu perjalanan karir di bidang ini (gaun pesta dan kebaya modern) menuntut banyak proses dan pengorbanan. Tetapi yang luar biasa, saya merasakan bahwa Tuhan selalu beserta terutama disaat-saat sulit dimana saya harus membuat desain yang rumit dan bila bertemu dengan customer yang punya segudang permintaan. Seolah seperti dokter yg harus memperhatikan keadaan setiap pasien, saya juga harus bisa membaca keinginan setiap pelanggan. Tugas saya membuat mereka menjadi nyaman dan cantik dengan pakaian yg saya buat, terutama buat mereka yang ingin tampil istimewa di acara khusus.

Anehnya, kecintaan saya terhadap pekerjaan ini tumbuh justru pada saat saya menjalani proses demi proses bersama Tuhan. DIA yang menuntun selangkah demi selangkah. Terkadang diminta membuat kostum tari dan drama untuk gereja yang saya tidak biasa membuatnya. Tetapi kreatifitas demi kreatifitas lahir, semua karena Tuhan. Dan membuat saya sendiri terheran-heran. Tuhan Yesus luar biasa!

Satu yang saya ingat bahwa sebesar apapun kesulitan yang kita hadapi tidak akan membuat kita berpaling bila ada passion dari Tuhan. Dan berkatNYA sangat luar biasa. Bukan hanya berkat materi tapi juga ilmu, pengalaman dan kepuasan hati melihat orang lain diberkati dengan pekerjaan saya. Jangan pernah berhenti belajar dan meng up-grade diri. Yang pasti, Tuhanlah sang Pencipta dan Desainer sejati!

Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. (Yohanes 15:16) (Ester Ang, Fashion Designer)

Leave a Reply

