PASSION

Bahasa Latinnya Passion adalah patior, kata kerja, yang berarti to suffer or to endure (=menahan, mendapat, menderita). Arti lainnya, yaitu kondisi emosional yang berhubungan dengan perasaan yang sangat kuat terhadap seseorang atau benda, antusiasme, atau hasrat yang kuat.

Satu kalimat bijak yang mengartikan Passion: Your passion is NOT what you’re good at – it is what you enjoy the most. Jadi, kalau kita belum tahu apa Passion kita, tanyakan diri sendiri: Apa yang paling kita sukai untuk dilakukan, (seringkali) sampai membuat kita lupa waktu, sekalipun tanpa imbalan atau imbalannya tidak sebanding? Passion dalam sesuatu hal tidak jarang membuat kita harus berkorban waktu, tenaga, pikiran, dll. Tapi… sekaligus membuat apa yang kita lakukan sering mendapat pujian dari orang lain.

Passion of The Christ adalah sebuah film yang “menceritakan atau menggambarkan”  pengorbanan Tuhan Yesus sampai mati di kayu salib supaya setiap orang yang percaya kepadaNYA tidak binasa, tetapi mendapat hidup kekal. Sebegitu besar passion TUHAN (hati-Nya, kerinduan-Nya, gairah-Nya) kepada manusia, supaya diselamatkan, maka Dia rela melakukan semua termasuk berkorban nyawa. Ini pasti karena TUHAN amat sangat bergairah kepada kita. Kita ada dalam hatiNya, umat kesayanganNya, biji mataNya, dikasihiNya. KerinduanNya, CintaNya, HatiNya tertuju cuma ke kita! Yuk kita belajar juga untuk punya passion dalam hidup sehari-hari. Karena passion ini yang akan membuat kita melangkah memenuhi rencana TUHAN secara sempurna.

Berikut ini APLIKASInya dalam hidup sehari-hari….Simak baik-baik ya!

#1Kita harus bergairah dengan Tuhan.

Datang ke gereja/persekutuan, baca Firman Tuhan, saat teduh, berdoa dan semua kegiatan rohani lain kita lakukan bukan karena rutinitas tapi disertai gairah/kerinduan untuk bertemu dengan Tuhan. Hukum yang utama mengatakan: Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap akal  budimu (Ul 6:5). Yuk, kita lebih bergairah lagi membangun keintiman dengan Tuhan dan menyenangkan hatiNYA bukan demi upah atau kewajiban, tapi karena kita mencintaiNYA!

#2: Kita bergairah dengan diri dan hidup kita sendiri.

Tidak lagi ada rasa ”terbuang”, ”kalah”, ”tidak berguna” ”malang”, ”jelek”, dll yang negatif.  Karena percayalah bahwa Tuhan menyediakan rancangan yg baik dan masa depan penuh harapan untuk kita (Yer 29:11)! Joel Osteen dalam bukunya Become A Better You, mengajarkan untuk mengobarkan passion kita dengan cara fokus pada yang baik dan banyak mengucap syukur. Milikilah gairah hidup!! Passion for life. We are God beloved sons and daughters!

#3: Passion over duty.

Saat kita mengerjakan apapun, bukan karena tuntutan tugas (duty call)  melainkan dengan HATI. Tugas itu ibarat “tangan”. Passion ibarat “hati”. Kalau hanya “tugas” maka hasil karya kita tidak punya nilai tambah. Itu sebabnya, apapun pekerjaan kita saat ini: cleaning service, penjaga toko, kasir,  pegawai  hotel, tukang parkir, manajer, direktur, pengusaha, dll, taruh hati/passionmu di dalamnya! (Kol 3:23)

Dalam tulisan Bo Sanchez (penulis dari Philipina, Red), dua hal akan membawa kita kepada keberhasilan yaitu: Passion + Wisdom (hikmat). Keduanya seperti dua sisi mata uang.

Passion tanpa hikmat membuat kita terburu-buru melakukan hal tertentu tanpa persiapan dan tidak dalam waktu yang tepat. Contoh: Ingin membuka restoran di beberapa tempat, tapi tanpa memikirkan lokasi, keuangan, pegawai, penyimpanan bahan baku, dll.

Hikmat  tanpa passion memperlambat langkah kita, padahal kita harus berjalan maju lebih cepat. Contoh: tahu bagaimana membuat restoran yang baik, tapi tidak punya semangat/gairah mengerjakannya/tergantung mood. Seharusnya seimbang alias balance antara PASSION dan WISDOM!

Jadi, lakukanlah apa yang jadi tugas kita (tangan) saat ini dengan sebaik-baiknya, dan taruhlah hati (passion) kita, dan lakukan dengan hikmat Tuhan. Live passionate!! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Hal apa yang kamu selalu lakukan dengan passionate (bergairah)?

Phita Zebua

sinG a s0ng..esPecialLy for HIM..🙂


Miyoto Kanashimu

Mencoba ssuatu yg brbeda..!


Dony

Membantu yg benar2 membutuhkan🙂


Yosevin Tennese

pasang infus pasien n ngunyah es batu


Mey Nazareth

Nyanyi n m’bca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: