Passion for Praying and Fasting

Setiap orang bisa memberikan definisi doa menurut pengalaman yang muncul ketika ia berdoa atau berdasarkan pewahyuan yang Tuhan nyatakan secara khusus saat ia berdoa. Tetapi secara umum, doa adalah berbicara mengenai hubungan yang intim antara kita dengan Bapa (Intimacy With God). Doa adalah hubungan antara dua pribadi (kita dan Bapa), dimana ada komunikasi timbal balik (dua arah) atas dasar kasih dan kerinduan. Oleh karena itu, doa tidaklah formal, dalam doa tidak ada batasan peraturan, tata cara, tata tertib, doktrin, dogma dan lain sebagainya.

Maka penting untuk setiap kita membangun mezbah doa pribadi setiap hari, karena merupakan kekuatan awal untuk melangkah dalam kehidupan sehari-hari.

Ada 4 jawaban Doa sebagai berikut :

  1. “YA” dan sekarang juga diberi
  2. “TIDAK”, sebab Tuhan pasti memberikan yang terbaik buat anak-anak Nya. Contoh: Jika anak umur 15 tahun minta dibelikan sepeda motor, dan ayahnya berpikir bahwa permintaannya akan membahayakan dia selain belum cukup umur untuk mengendarai motor sesuai UU Lalin, maka sang ayah akan menjawab tidak.
  3. “YA”, tetapi waktunya ada ditangan Tuhan (PENGKHOTBAH  3:11a)
  4. “YA”, tetapi sesuai kehendak Tuhan dimana prosesnya akan mempersiapkan dan membangun iman kita. Contoh:  Naaman disembuhkan setelah ia membenamkan dirinya tujuh kali ke Sungan Yordan.

Setiap doa pasti mempunyai tujuan akhir. Yaitu JAWABAN DOA, sesuai KUALITAS DOA (=berdoa dalam bahasa Roh dan kebenaran serta beriman) dan KEKUATAN DOA (=KUASA oleh karena ROH KUDUS. Dalam doa Roh Kuduslah yang akan memberikan pengurapan dan membawa kita masuk dalam hadiratNya). Seperti sebuah Pameo “SEDIKIT DOA, SEDIKIT KUASA, TIDAK ADA DOA, TIDAK ADA KUASA“.

PUASA

Dalam bahasa Ibrani PUASA disebut TSOM dan bahasa Yunani disebut NESTEIA. Keduanya  mengandung arti yang sama YAITU menjauhkan diri ( berpantang ) dari makanan, biasanya dilakukan dengan sengaja sehubungan dengan suatu maksud / keadaan tertentu.

Beberapa ayat berikut adalah dasar untuk membahas mengenai doa puasa , YAITU: YESAYA 58 : 5-6, YOEL 1 : 14, II TAWARIKH 16 : 9a. Beberapa hal sangat penting sehubungan dengan doa puasa yaitu bahwa: Doa puasa menyatakan kesungguhan hati yang paling dalam kepada Bapa di surga, Doa puasa adalah suatau langkah/tindakan serius dengan sasaran, fokus, target atau satu masalah besar yang dihadapi. Dan dalam YESAYA  58:5 – 8 tertulis jelas tentang doa puasa yang di kehendaki Tuhan pada hari–hari akhir ini. Yaitu doa puasa yang merendahkan hati, mau bayar harga, mau berkorban dan mau memikul beban supaya belenggu-belenggu kelaliman terbuka dan tali-tali kuk dilepaskan.

Puasa dapat dilakukan dengan berbagai cara. YAITU: bisa secara PARSIAL (seperti pantang  dari makanan daging) dan  juga secara penuh (dari semua makanan). Banyak orang Kristen menetapkan puasa dalam berbagai macam, ada puasa seperti Daniel, seperti Ester dan ada yang seperti Yesus, masing-masing jangka waktu yang berbeda dan caranya pun tidak sama: setengah hari, sampai matahari terbenam, terus menerus sampai beberapa hari. Tuhan tidak menetapkan puasa yang baku, sebab IA lebih memperhatikan SIKAP HATI.

Berdoa dan berpuasa adalah kesempatan yang indah untuk mencari wajah Tuhan. Saya percaya kalau kita melakukan doa dan berpuasa dengan motivasi yang benar maka kita bisa mengalami: Hadirat kemuliaan Allah turun waktu kita berdoa, Api turun membakar hati kita, ada jawaban doa, menerima visi, penglihatan, dan kita merasakan jamahanNya oleh Roh Kudus, Mujizat terjadi, yang sakit mengalami kesembuhan, yang terikat dilepaskan, yang lemah dikuatkan, dan yang berdosa diampuni. Amin! (Pdt. Simeon Santoso, Gembala GBI Grogol)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: