Sahabat Sejati

Apa kata Alkitab tentang Sahabat? Dalam Amsal  17:17 tertulis, “Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” Jadi, seorang sahabat adalah orang yang punya kualitas sbb:

#1 Menaruh kasih, artinya:

=> Punya kasih, yang adalah sabar; murah hati; tidak cemburu, tidak memegahkan diri, tidak sombong, tidak melakukan yang tidak sopan, tidak mencari keuntungan diri sendiri, tidak pemarah, tidak menyimpan kesalahan orang lain (baca: tidak suka mengungkit-ungkit kesalahan orang lain), tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran, menutupi segala sesuatu (=tidak ember setelah diajak curhat), percaya segala sesuatu (=orang yang mudah percaya adalah orang yang tulus), mengharapkan segala sesuatu (=termasuk mengharapkan kebaikan terjadi atas hidup orang lain, tidak hanya untuk dirinya sendiri), sabar menanggung segala sesuatu (=dapat saling menanggung beban/kesusahan yang dialami orang lain/sahabatnya). (1 Kor 13:4-7)

=> Tidak pura-pura Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik. (Roma  12:9)

=> Hidup menurut perintah TUHAN, pastinya! (II Yohanes  1:6; “Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya…”)

#2 Setiap waktu, artinya:

Baik waktu susah, senang, siap, tidak siap, tanpa memandang umur, status sosial, bahkan gender, dia akan tetap punya kualitas seorang sahabat sejati dimanapun berada.

Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. (I Kor 13:8)

#3 Saudara dalam kesukaran

Biasanya, pada saat kita ditimpa kesukaran, contoh, dari yang punya uang segudang, tiba-tiba bangkrut, saat itulah kita akan tahu apakah teman-teman yang selama ini ada di sekitar kita benar-benar punya kualitas sebagai Sahabat Sejati! Seorang sahabat sejati akan bertindak seperti saudara kandung, bahkan lebih dari itu, sekalipun kita sedang berada dalam kesukaran dan tidak lari meninggalkan kita sendirian. (Catatan: kesukaran disini bukan tipe kesukaran yang menimpa kita karena kesalahan fatal dan disengaja yang kita buat sendiri)

Seorang sahabat sejati tidak bisa kita beli dengan uang kita, tetapi seseorang yang tulus membantu/mendampingi/membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari.

Perhatikan kalimat ini: Show me your friend, I will show u your future. Yess!! Siapa teman-teman yang mengelilingi kita, merekalah yang akan dipakai Tuhan untuk menentukan masa depan kita!

Jadi, mulai sekarang, berdoalah meminta TUHAN mencurahkan berkatNYA yaitu sahabat-sahabat sejati, yang punya kualitas di atas, ke dalam hidup kita. Sebab sahabat sejati dipastikan membuat kita tetap hidup benar dalam kondisi apapun (termasuk ketika kita mengalami masalah di rumah sendiri, permasalahan dengan ortu, atau kakak-adik) Pastikan kita mencari dan mendapatkan seseorang yang punya kualitas Sahabat di luar sana.

Dan terlebih lagi, pastikan bahwa kita sendiri pun memiliki kualitas sebagai seorang sahabat sejati sehingga dapat menjadi partner kerja Tuhan untuk menyelamatkan generasi ini! (R-INSIDE)

Sahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannya.

Apa hal paling ”indah” yg kamu pernah lakuin untuk sahabatmu?

Cynthia Tirtadiredja

Dulu lg kuliah di Atma, dah ampir sampe rmh, wkt itu gua tinggal di pdk gede bekasi, gua cr angkot balik lagi ke arah salemba untuk nyari-in kostnya temen gua yg kuliah di atma tp beda fakultas cuma lantaran gua kasian ama dia yg ga bisa inggris, tp disuruh bikin terjemahan inggris dan dikumpul besoknya. Jd gua bw pulang n gua bikinin tuh. Dia aja ampe nangis terharu… Padahal kalo gua pikir2 skg, kok mau2nya yah gua?

Michaella:

Kasi surprise wkt dia bday dgn cara ngumpulin tmn2 grj n kampusnya, ajak kerjasama ksi surprise brg. N we made her wish come true. Ad yg nyanyi happy bday di bwh n dia dengerin dr balkonnya. From karawaci to cirendeu at midnight.😀

Ayu:

Sahabat2 saya pernah rame2 masuk kamar saya jam 12.10 malem, untuk kasih surprise ke saya yang ultah. Mereka sampai ada yang masuk angin gara2 nungguin waktu dari jam 8-12 malem untuk kasi surprise itu. Mereka merencanakan semua dg rapi, saya bener2 nggak nyangka. Rumah mereka juga jauh2 dari rumah saya.

Fransisca Susanti:

Megangin tangan sambil berdoa sama2 yg mo berpulang ke rumah Bapa sampai berpulangnya. Terasa banget bahwa Tuhan Yesus itu ada dan hadir di tengah2 kita.

Jefri Reinhard:

Uang jasa produksiku setahun yang baru kutrima yang ga kukasi tau org tua harus ku kasih ke sahabatku krn ibunya sakit harus dioperasi. Bayangkan uang itu yg uda ku nantikan untuk bisa beli laptop n jalan2… tp puji Tuhan dr uang itu ibunya sudah sembuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: