GOOD CHARACTER BE YOURS!

Ada kalimat bijak seperti ini: “Charisma will bring us to the top, but only Character can maintain us at the top.” Yup! Memang sih, kalau kita punya karisma, biasanya kita akan lebih “dilirik” sama atasan/bos besar, dan dapet promosi lebih cepat dibanding rekan kerja lain yang selevel. Tapiiii… kalau ternyata karakter kita kedapatan “banyak celanya”, maka jabatan/promosi tinggi enggak akan lama-lama kita duduki. Percayalah!

Nah, sekarang kita akan pelajari apa itu KARAKTER. Yaitu: reaksi yang timbul pada saat kita ada dalam tekanan atau sedang “ditinggikan” alias disanjung orang lain. Waktu dalam tekanan, apakah kita marah-marah, selalu gelisah, atau berserah kepada Tuhan dan tetap melakukan yang terbaik? Begitu juga sebaliknya, ketika kita ada dalam masa-masa promosi, semua orang menyanjung kita, apakah kita menjadi angkuh dan tidak mempedulikan teman lama yang tadinya berada satu tingkat dengan kita, atau kita tetap rendah hati? Dari situlah kita bisa mengenal karakter seperti apa yang kita miliki!

Tapi jangan kuatir, karena karakter adalah campuran dari temperamen alami (gen yang diturunkan dari orangtua kita) ditambah dengan pengalaman masa kecil, pendidikan, kepercayaan, motivasi dan terbentuk karena kebiasaan, maka seburuk apapun karakter kita saat ini, semua itu bisa berubah menjadi lebih baik. Syaratnya: kita mau rendah hati untuk terima masukan dari orang lain dan terus belajar dari kesalahan yang pernah kita buat supaya tidak lagi kita ulangi.

Ibarat sebuah mobil, karakter adalah mesin dari si mobil. Bodi mobil boleh saja terlihat oke, tapiii… kalau mesinnya ngadat, tetap saja “memalukan” ketika orang melihat kita mendorong-dorong mobil Mercedes di pinggir jalan tol!

Kondisinya akan seperti ini: ketika kita diangkat jadi Manager di kantor, satu ketika staf lain melihat kita sedang marah-marah tanpa terkendali sampai membanting HP yang lagi di tangan, cuma gara-gara hal sepele. Hiii syerem… Jangan sampai kita seperti itu.

Lebih baik punya karakter yang seperti logam mulia. Dimanapun ditempatkan, kita tetap bersahaja dan dihargai serta dihormati oleh orang sekitar, supaya promosi tidak hanya berlangsung sebentar saja… dan kita bisa memuliakan nama TUHAN. (Baca kisah Raja Saul deh, yang dipromosi, tapi sayang dia hanya memiliki karisma, postur tubuh tinggi, muka ganteng…ternyata itu saja tidak cukup)

Nah sekarang, kita akan belajar apa tandanya waktu kita sudah punya karakter yang baik. Yaitu: ketika orang lain merasa nyaman bertemu dengan kita pertama kali. Walaupun penilaian pertama kadang salah, tapi, alangkah baiknya ketika orang lain melihat kita, berbicara dengan kita untuk pertama kali, orang itu mendapat kesan yang baik karena merasa nyaman berada dekat kita.

Apakah begitu penilaian orang di sekeliling kita? Atau sebaliknya? Seperti apakah karakter yang kita miliki? Pastikan itu adalah karakter yang baik. God bless you! (R-INSIDE, dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: