GOD is calling me

Supaya lebih mudah dimengerti, yuk kita ilustrasikan Panggilan Tuhan sebagai Panggilan Kerja.

Seumpama seorang Pemberi kerja memanggil Pencari Kerja. Si Pemberi kerja (baca: TUHAN) telah merencanakan suatu tugas pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan (=dunia/kerajaan Allah) tetapi belum ada yang melakukan, karena itu dia mencari staf/pencari kerja (=manusia) yang memenuhi kualifikasi untuk tugas itu. Dengan harapan, perusahaan dapat berjalan dengan baik atau mengalami kemajuan.

Demikian juga dengan Tuhan. IA sedang memanggil kita (anak-anakNya) untuk ikut bekerja di dunia ini (baca: menjadi rekan kerja). Seperti yang tertulis dalam Kej 1:28, “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Dengan tujuan, supaya kita bisa memberikan yang terbaik dan menjadi berkat dimanapun kita berada. (Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga. (Mat 5:16).

Pertanyaannya: apakah kita mau MENJAWAB panggilan Tuhan itu?

BAGAIMANA MENGETAHUI PANGGILAN TUHAN?

Roh Kudus menolong kita dengan menaruh pikiran/perasaan Tuhan ke pikiran dan perasaan kita, karena Roh Kuduslah yang paling tahu tentang Tuhan.

GOD’s MIND/HEART > HOLY SPIRIT > HUMAN’s  MIND/HEART

Jadi kita akan tahu panggilan Tuhan, ketika kita bertanya kepada Roh Kudus, melalui banyak ”media penghubung”, antara lain: passion, ide, kalimat yang muncul di hati, tawaran, kebutuhan orang lain, dll! Jadi mulai sekarang, Perhatikanlah apa yang Roh Kudus ”informasikan” ke setiap kita lewat kejadian, orang, hal-hal di sekeliling kita.

Tapi sebelum kita mengerti panggilan TUHAN, jangan berpangku tangan. Tetaplah hasilkan yang terbaik dan dengan segenap hati apa yang saat ini kita kerjakan, sambil terus berdoa. Karena tidak ada yang sia-sia jika kita mengerjakan yang terbaik sepanjang hidup kita. Nothing is ever wasted in our life.

PERSONAL/SPECIFIC

Saat memenuhi panggilan kerja, si pencari kerja tidak bisa diwakili orang lain! Selain itu, ia harus memenuhi KUALIFIKASI yg dibutuhkan untuk Pekerjaan tertentu. Begitu juga panggilan TUHAN untuk setiap kita, tidak bisa dipenuhi/dilakukan oleh orang lain (sifatnya Personal).

TANDA KITA TAHU PANGGILAN TUHAN

  1. Tidak ada rasa IRI. Kita tidak lagi membanding-bandingkan diri kita dengan yang lain. Just be yourself!
  2. Sesuai dengan kemampuan/talenta. Contoh, kalau liat darah aja takut, tidak mungkin kita memilih profesi dokter/perawat. Kalau tidak bisa berbahasa Inggris, tidak mungkin berprofesi sebagai Guru/Penerjermah Bahasa Inggris. Percayalah bahwa TUHAN telah menaruh setiap “benih” dalam hidup kita yang akan bertumbuh dan membuat kita mampu di bidang tertentu. Untuk itu, Cari, Explore dan Gunakan!
    Ingat: sekalipun panggilan kita mungkin mirip, tetap tidak ada yang “kembar identik”. Contoh, pembawa acara A lebih mahir ketika membawakan acara-acara santai, sementara pembawa acara B, lebih jago membawakan acara politik/debat, dll. Contoh lain, ada yang ditetapkan TUHAN jadi bos-ada yang jadi staf, ada pendeta-ada jemaat, penulis-pembaca, sutradara-pemain sinetron, dll.
  3. Kita menikmati apa yang kita lakukan. Sekalipun kadang/sering/tidak selalu mendapatkan imbalan uang.
  4. Kita mau bayar harga walaupun tidak dilihat orang. Ingat, Every job is a self-portrait of its person.

Hiduplah SEPADAN dengan Panggilan

Contoh, kalau kita dipanggil Tuhan sebagai Penyanyi, maka jagalah pita suara kita dengan baik, kurangi makan makanan berminyak, rajin latihan vokal, dll. Dipanggil sebagai Pemilik Toko, maka harus mengurus toko/melayani pelanggan dengan baik, mencari inovasi/barang baru, dll. Kita harus hidup Sepadan dengan Panggilan Tuhan. Karena kita adalah rekan sekerja Allah, kita lakukan bagian kita, dan ijinkan Tuhan melakukan bagianNya.

Provision+Protection

Ketika kita hidup dalam panggilan Tuhan, jangan kuatir, pasti ada PROVISION + PROTECTION. Contoh, ketika kita diterima berkerja di sebuah perusahaan, maka untuk mendukung aktivitas pekerjaan kita, perusahaan akan menyediakan fasilitas yang kita butuhkan supaya pekerjaan berjalan dgn baik.

Tidak mungkin seorang OB (office boy) membawa sendiri peralatan kebersihan untuk kantor itu. Atau seorang Administrator harus membawa komputer, dan ATK dari rumah.  Waktu ditugaskan ke luar kota, perusahaan akan menyediakan tiket dan akomodasi. Dan kalau perusahaan di dunia saja melakukan hal-hal ini, terlebih lagi Tuhan. DIAlah pemilik alam semesta. Allah yang berkuasa.

Tuhan akan mempertemukan kita dengan orang-orang yg tepat. Menyediakan dana. Membuka kesempatan-kesempatan, dan  segala hal yang kita butuhkan untuk menyelesaikan panggilanNya! Yesss!!

God will bring the right person, money, opportunities, divine appointment, tools, and what ever you need  to fulfill your calling.

Jadi, jangan kita merasa ragu lagi untuk menjawab panggilan Tuhan karena kita melihat adanya keterbatasan, tetapi yakinlah bahwa God who is the God of no limits will always provide if we are in His right track!

Begitu juga dengan PROTECTION. Seperti dalam perusahaan yang memiliki Prosedur Keselamatan Kerja, Asuransi untuk stafnya, dll, maka begitu juga TUHAN. Dalam menjawab panggilanNYA, TUHAN pasti memberikan Protection-nya (24/7=24 jam, 7 hari seminggu!) (Baca Mazmur 121 ya…)

Jadi… jawablah panggilan TUHAN ketika kita tahu bahwa TUHAN sedang memanggil kita! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Sebutkan 3 kelebihan dan 3 kekuranganmu

Kezia Pariury, 25, Marketing

People person, friendly, nice VS emotional, too tough, high expectation


Maria, 22, Admission

pinter, ceria, kebal VS moody, pelupa, lelet


Harry, 24, Karyawan

lembut, optimis, ramah VS manja, males, lelet


Alex M, 22, Kasir

setia, penyayang, perhatian VS tertutup, malas, lelet


Omie, 24, Auditor

ceroboh, kegemukan, susah diet VS pantang menyerah, sabar, penyayang

One response to this post.

  1. nice info mas , Afric

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: