APA YANG TUHAN LAKUKAN?

Kita tahu bahwa pencipta alam semesta dan sumber segala sesuatu di dunia ini adalah TUHAN. Jadi, penting untuk kita mengerti apa yang sesungguhnya dilakukan oleh Sang Pencipta, supaya kehidupan yang DIA beri, bisa kita jalani dengan semestinya. Yuk kita baca  Mazmur 32:8, terjemahan NIV: I will instruct you and teach you in the way you should go; I will counsel you and watch over you, dan menemukan bahwa TUHAN sesungguhnya melakukan hal-hal berikut:

#1: INSTRUCT (Tuhan memberikan INSTRUKSI/PERINTAHNYA)

Kalau kita membeli benda elektronik baru, contoh HP, pasti disertai buku manual. Untuk HP merek tertentu, instruksi pertama dalam buku manualnya adalah men-charge batere HP selama 8 jam, supaya batere tidak cepat rusak.

Begitu juga dalam menjalani hidup ini, sang pencipta yaitu TUHAN sesungguhnya sudah memberikan kita “buku manual kehidupan”, yaitu Alkitab. Di dalamnya banyak instruksi-instruksi penting yang harus kita jalankan, kalau mau hidup kita maksimal, mendapatkan yang terbaik, menikmatinya secara penuh, dan tidak “rusak”. Jadikan Alkitab “buku manual” kita dengan membacanya sebelum kita memulai hari yang baru.

#2: TEACH (Tuhan mengajarkan kita dalam menjalani kehidupan)

Dalam menjalankan instruksi dari Tuhan, kita akan menemukan banyak hal yang tidak/belum kita mengerti. Nah, untuk ini, TUHAN siap memberikan pengajaran/pengarahan, entahkah itu melalui teman, orangtua, kejadian, dan lain-lain hal. Ingat, orang yang pernah (atau selalu) mendapat pengajaran dan mau selalu diajar, pastinya lebih pintar dan bijak ketimbang yang tidak pernah dan tidak mau. Ingat juga bahwa TUHAN mau supaya kita semakin pintar, berhikmat dan bijaksana.

#3: COUNSEL (Tuhan memberikan nasihat)

Selama menjalankan instruksi dari TUHAN, tidak jarang kita akan mengalami kesulitan, hambatan, kesukaran atau ”jalan buntu”. Untuk ini, TUHAN selalu siap memberikan NASIHATNYA, sebab DIAlah PENASIHAT AJAIB! Ingatlah selalu untuk berdoa, meminta nasihat TUHAN, sehingga keputusan yang akan kita buat, rencana yang akan kita lakukan, mendatangkan keberhasilan!

Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. (Amsal  3:6)

#4: WATCH OVER (Tuhan selalu mengawasi)

Bukan hanya memberikan instruksi, lalu mengajarkan cara-cara menjalankan instruksi dan juga memberikan nasihat-nasihat penting sepanjang perjalanan hidup kita, tetapi TUHAN juga selalu mengawasi kita lho! MataNya selalu tertuju ke kita, memonitor kita, supaya sewaktu-waktu membutuhkan sesuatu, maka TUHAN siap membela, menolong dan menjagai hidup kita.

Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel (Mazmur  121:4).

Selamat menjalani kehidupan sesuai instruksi TUHAN, sebab jaminan hari esok yang penuh harapan hanya ada di tanganNYA, Pencipta alam semesta! (Lovina Linawati Santoso-INSIDE)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: