ROAD TO SUCCESS

Ada sebuah kalimat bijak dari China: “Sebuah pohon sebesar Anda bermula dari sebuah biji yang kecil; perjalanan sejauh seribu mil berawal dari sebuah langkah kecil”-Lao Tse. Artinya, sesuatu yang besar (keberhasilan) merupakan sebuah perjalanan yang terjadi karena kita mengambil langkah awal (baby step/milestone) dan kemudian tetap meneruskan perjalanan (apapun hambatannya)!  Nah, supaya sampai di tempat tujuan, kita wajib mematuhi “rambu-rambu” di jalan. Apa sajakah itu?

1: MIND SET (Pola atau cara kita berpikir)

Percayalah bahwa setiap tindakan kita dipengaruhi oleh pola pikir kita. Jadi, cuma satu yang boleh kita pikirkan, yaitu bahwa Tuhan mau kita berhasil dalam segala bidang kehidupan atau dimanapun Tuhan tempatkan kita. Jadi, buang saja pikiran yang lain: “Nasib gue memang begini. Hidup gue susah dari dulu sekarang dan selamanya. Gue orang miskin, gak akan berhasil, dll” Tapi milikilah “PROSPERITY THINKING” not “POVERTY THINKING”.

TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia… (Ulangan  28:13)

2: BENIH SUKSES (SEED OF SUCCESS)

Tuhan menciptakan manusia dengan tujuan masing-masing. Untuk itu, Tuhan menaruh “BENIH” dalam setiap kita berupa talenta, keahlian, potensi dan kemampuan untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi, penting untuk menemukan “benih” apa yang TUHAN taruh dalam diri kita!

Buku Multiple Inteligences-Howard Gardner menuliskan bahwa manusia dikategorikan sebagai:

Body-kinesthetic (Body-Smart), contoh: atlet, penari, aktor, ahil bedah, tentara.
Interpersonal (People–Smart),
kemampuan berinteraksi dengan manusia lain. Contoh: sales, politisi, manajer, guru.
Verbal-linguistic (Word–Smart),
kemampuan dalam bahasa, baik lisan maupun tulisan. Contoh: penulis, pengacara, politisi, pembawa acara seperti Oprah Winfrey.
Logical-mathematical (Logic-Smart)
, kemampuan dalam hal logika, angka, pikiran. Contoh: insinyur, ekonom, ilmuwan, seperti Albert Einsten.
Intrapersonal (Self-Smart), kemampuan introspeksi atau refleksi diri (introspective and self-reflective capacities). Contoh: ahi filsafat.
Visual-spatial (Picture-Smart)
, kemampuan dalam hal ruang dan imajinasi. Contoh: arsitek seperti Ir Ciputra.
Musical (Music-Smart)
, kemampuan dalam hal musik, pendengaran dan rhythm. Contoh: orator, penyanyi, komposer seperti Adie MS, dll.
Naturalistic (Nature-Smart)
, kemampuan dalam hal menghubungkan informasi tentang alam. Contoh: ilmuwan tanah, ahli obat obatan, ahli gizi,  petani dan ahli pertamanan.

Mana yang ada dalam kita? Temukan itu, kembangkan dan tekuni/fokus lalu lipatgandakan, pasti berhasil!

3: SETIA DALAM PERKARA KECIL

Seperti perumpamaan tentang talenta dalam Matius 25, benih yang Tuhan PERCAYAkan dalam hidup, harus kita kembangkan. Kenapa? Karena, makin ”SANGGUP” kita mengembangkannya, Tuhan akan tambahkan sampai maksimal. Untuk itu, seberapapun yang dipercayakan TUHAN kepada kita, kerjakanlah itu sebaik mungkin tanpa memandang remeh.

4: RAJIN

Setiap kita punya jatah waktu yang sama. Tetapi bagaimana kita mengelola waktu  (rajin, disiplin, punya prioritas yang benar) akan menentukan apakah kita sukses dalam hidup atau hidup biasa-biasa saja. Tulis apa saja yang akan kita prioritaskan untuk dilakukan setiap hari/minggu/bulan (INSIDE memberi bonus pada halaman tengah edisi Desember 2009 kan? Tulis saja di situ). “If you fail to plan, you plan to fail.”

“Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan…” (Amsal 21:5)

5: TUHAN, TUHAN dan TUHAN

Selalu ingat untuk melibatkan TUHAN dalam setiap perencanaan kita. Berdoalah dan serahkan semua kepada TUHAN bagian yang akan kita lakukan sebaik mungkin, dan TUHAN akan melakukan bagianNYA untuk kita! Salam Sukses! (LLS-INSIDE)

Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak (Mazmur 37 : 5)

Menurut kamu, apa sih arti SUKSES?

Loren, INSIDE Team – Writer

Sukses buat gue apabila gue bisa memberi pengaruh benar (sesuai Firman Tuhan) kepada orang lain. To influence people and inspire them to keep exploring their potentials and to be willing to use it for helping others.

Nita, INSIDE Team – Writer

Sukses = fulfill His calling in every area of my life. Di sekolah jadi siswa berprestasi, di rumah jadi anak berbakti n ngebanggain ortu, jadi cici yang baek yang bisa jadi contoh, di kerjaan, jadi karyawan berprestasi, kerja excellent, sikap juga baik, di pelayanan, kasih yang terbaik, kalo bisa BE THE BEST ya bagus, tapi kalo gk bisa tetep kudu DO MY BEST..

Lovina Linawati Santoso, INSIDE Team – Writer

Sukses artinya mission/plan/goal accomplished. Success is the combination of God’s Approval and Human Effort!

Lovino Sinaga, INSIDE Team – Contributor

Sukses adalah menjadi pribadi yang baik, hidup benar di jalan Tuhan, tidak munafik, tidak menipu dan selalu rendah hati. Intinya, klo dah bisa hidup dengan benar hati, itu namanya sukses.

Erna Liem, INSIDE Team – Editor

Orang yang sedang melakukan apa yang ia cintai dan dibayar untuk itu pasti hidupnya menyenangkan, dan itulah arti dari kata “sukses”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: