Membangun Hubungan

Dulu saya pikir cukup dengan hasil kerja yang bagus sudah bisa membuat klien puas dan pasti kembali lagi ke saya, ternyata tidak demikian. Klien akan mencari harga jasa yang lebih rendah lebih dulu, setelah itu melihat kualitas.

Ternyata di atas semua itu, ada satu hal yang dapat memperlancar bisnis yang sedang kita bangun, yaitu membangun hubungan. Di samping kualitas atau hasil kerja dari para karyawan ditingkatkan, mulailah membangun hubungan dengan klien. Membangun hubungan adalah sesuatu yang penting. Sebagai orang yang bekerja di bidang jasa, saya merasakan betapa pentingnya relationship.

Pertama kali bertemu klien, lebih baik tidak langsung bicara bisnis, melainkan lebih banyak mendengarkan curahan hati mereka. Setelah itu membangun hubungan bisa lewat cara mengetahui tanggal ulang tahun klien atau tanggal pernikahan mereka lalu mengirimkan kue pada hari tersebut. Pada hari rayaseperti Natal/Idul Fitri, kita bisa memberikan parcel.

Tidak hanya itu, kita harus tetap memberikan hasil yang terbaik, bahkan sekalipun tidak mendapatkan keuntungan besar atau bahkan keuntungannya sangat kecil. Sekalipun rugi, tetaplah memberikan yang terbaik karena menjaga kepercayaan itu jauh lebih penting. Jadi selain mengandalkan Tuhan dengan sungguh-sungguh, kita tetap harus melakukan bagian kita.

Tips Membangun Relationship

  1. Banyak mendengar, sedikit berkata-kata, karena orang lain lebih suka didengarkan. Seperti yang tertulis dalam Yakobus 1:19, “Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah”.
  2. Mengingat hari-hari yang dianggap penting bagi orang lain dan memberikan kepada mereka pada hari-hari tersebut (ulang tahun, pembukaan toko, kantor, kelulusan, dsb) ucapan selamat atau hadiah.
  3. Tetaplah menjalin hubungan dengan mereka paling tidak 2 bulan sekali.

Keuntungan memiliki sebuah HUBUNGAN:

  1. Kita akan mendapatkan banyak pengetahuan. Dengan kita banyak mendengar informasi dari orang lain, wawasan kita bertambah luas.
  2. Kita dapat memberkati orang lain. menyenangkan hati orang.
  3. Kita akan menuai apa yang kita tabur dalam HUBUNGAN yang kita bangun.

(Daniel Tinus, Ketua DM GBI Grogol, Pengusaha)

Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Lukas 6:31

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: